Apakah Mengkonsumsi Kopi Membuat Anda Mudah Marah?

210

Mengkonsumsi kafein, baik yang berasal kopi ataupun minuman bersoda dapat menyebabkan perubahan mood. Selain itu, menghentikan konsumsi suatu stimulan juga dapat berdampak negatif pada mood Anda.

Walaupun kafein dapat menyebabkan beberapa efek samping, akan tetapi mengkonsumsi kafein tidak akan membuat Anda menjadi seorang pemarah. Mengkonsumsi kafein dalam bentuk apapun dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung dan perubahaan mood, termasuk rasa cemas, depresi, dan gelisah.

Selain itu, mengkonsumsi kafein juga dapat membuat Anda mengalami kesulitan tidur, terutama bila Anda mengkonsumsi stimulan ini dalam waktu kurang dari 6 jam sebelum tidur. Kurang tidur inilah yang dapat membuat Anda menjadi lebih mudah marah.

Bila Anda telah terbiasa mengkonsumsi kafein setiap harinya, menghentikannya secara mendadak dapat membuat Anda menjadi mudah marah. Hal lain yang mungkin Anda rasakan adalah mengantuk, nyeri kepala, mual, dan muntah. Pengaruh kafein berbeda-beda terhadap setiap orang.

Oleh karena itu, jangan menghentikan konsumsi kafein Anda secara mendadak. Turunkan jumlah kafein yang Anda konsumsi setiap harinya secara perlahan untuk mengurangi efek samping tidak menyenangkan seperti di atas.

Tidak hanya kopi yang mengandung kafein. Selain kopi, minuman bersoda, teh, coklat, permen, dan minuman energi juga dapat mengandung kafein. Segelas kopi mengandung sekitar 100 mg kafein.

Sumber: healthyeating.sfgate