Apakah Mengkonsumsi Makanan Pedas Berbahaya Bagi Kesehatan?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

264

Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi makanan pedas ternyata tidak selalu menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan di masa mendatang? Hal ini dikarenakan salah satu zat yang terdapat di dalam cabai, yaitu capsaicin ternyata memiliki berbagai manfaat positif bagi kesehatan manusia.

Sebuah penelitian di Amerika yang dilakukan pada tahun 2006 menemukan bahwa capsaicin yang terdapat di dalam cabai dapat membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat. Selain itu, salep yang mengandung capsaicin juga banyak digunakan untuk mengatasi nyeri kronik.

Efeknya Pada Saluran Pencernaan
Walaupun Anda merasa bibir dan perut Anda seperti terbakar setelah mengkonsumsi cabai, akan tetapi tidak demikian pada kenyataannya. Yang terjadi adalah capsaicin yang terdapat di dalam cabai dapat mengaktivasi pelepasan substansi P, suatu zat yang berfungsi untuk menghantarkan rasa nyeri dan terbakar. Jadi cabai tidak dapat merusak jaringan saluran pencernaan Anda secara langsung.

Selain itu, makanan pedas tidak menyebabkan terjadinya gastritis (sakit maag) atau ulkus lambung, akan tetapi dapat memperburuk keduanya. Untuk mengurangi rasa pedas atau perih di dalam perut Anda, konsumsilah susu dan jangan air karena minyak di dalam cabailah yang membuat Anda merasa kepedasan. Cabai yang berukuran kecil biasanya jauh lebih pedas dibandingkan dengan cabai yang berukuran besar.

Efeknya Pada Kulit
Memegang cabai misalnya saat memasak atau saat akan makan dapat menyebabkan terjadinya sindrom tangan Hunan, yaitu suatu reaksi dermatitis kontak yang membuat penderitanya mengalami pembengkakan, nyeri, dan kemerahan pada kulit. Semakin pedas cabai yang Anda pegang maka iritasi kulit atau rasa seperti terbakar pada tangan pun akan semakin berat.

Efeknya Pada Mata
Menyentuh mata setelah memegang cabai dapat membuat mata Anda membengkak dan nyeri baik di dalam maupun di daerah sekitar mata. Untuk mengatasi hal ini, gunakanlah handuk basah untuk membersihkan mata dan segera hubungi dokter Anda bila Anda mengalami gangguan penglihatan misalnya penglihatan kabur.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOSĀ App Store