Apakah Menyusui Dapat Menurunkan Berat Badan?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

104

Memiliki tubuh yang kembali ideal setelah melahirkan merupakan keinginan dari sebagian besar wanita. Wajar saja karena selama kehamilan, tubuh akan memproduksi tambahan lapisan lemak sehingga ibu memiliki kecukupan simpanan untuk menyusui nantinya. Wanita yang baru saja melahirkan tidak perlu risau untuk segera melakukan program diet. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat membantu menurunkan berat badan seperti yang dilakukan American Journal of Clinical Nutrition, ibu yang memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan memiliki penurunan berat badan lebih signifikan daripada yang tidak memberikan.

Bagaimana menyusui dapat menurunkan berat badan?

Menyusui berarti menggunakan sel-sel lemak yang tersimpan dalam tubuh selama kehamilan bersama dengan kalori dari diet. Menyusui dapat membakar sekitar 500-700 kalori ekstra per hari yang digunakan sebagai bahan dalam memproduksi ASI dan menjaga energi. Setelah kehilangan berat badan setelah melahirkan sekitar 15 pon (6,8 kilogram) penurunan berat badan cendenrung secara bertahap sekitar 1 hingga 2 pon (0,45 hingga 0,9 kilogram) per bulan selama enam bulan pertama setelah melahirkan dan lebih lambat setelahnya. Sering membutuhkan enam hingga sembilan bulan untuk menurunkan berat badan yang diperoleh selama kehamilan. Ini mungkin tidak selalu berkontribusi terhadap semua penurunan berat badan setelah melahirkan karena masih banyak faktor lain seperti berat badan sebelum kehamilan, diet, tingkat aktivitas fisik, juga akan berdampak pada berat badan setelah melahirkan. Ibu yang menyusui cenderung kehilangan berat badan lebih banyak daripada ibu yang tidak menyusui.

Bagaimana cara menurunkan berat badan selama menyusui?

Melakukan diet berupa batasan makanan bukan hal yang disarankan untuk ibu menyusui karena mereka membutuhkan kalori banyak dan makanan yang dikonsumsi ibu akan berpengaruh besar teradap produksi ASI. Berikut ini merupakan 4 tips untuk menurunkan berat badan :

  1. Mulai perlahan

Disarankan agar menunggu setidaknya 6-8 minggu setelah persalinan untuk memulai menurunkan berat badan karena tubuh membutuhkan waktu untuk pulih dari persalinan dan membangun persediaan ASI yang baik.

  1. Hindari mengonsumsi junk food

Makanan ini akan menambah asupan kalori harian tetapi tidak memberikan nutrisi apapun yang dibutuhkan. Makanan ini dapat menambah berat badan.

  1. Olahraga

Enam minggu setelah persalinan ibu dapat mulai melakukan olahraga ringan namun jika sebelumnya melahirkan dengan cara caesar akan lebih lama untuk memulai olahraga.

  1. Cukup istirahat

Kurang tidur dapat menyebabkan sulitnya menurunkan berat badan dan justru dapat menambah berat badan.

Konsultasikan dengan dokter terkait perencanaan program penurunan berat badan yang sehat serta mencakup nutrisi untuk ibu dan bayi. (ITA)

Sumber:

Baker. 2008. Breastfeeding Reduces Postpartum Weight Retention. The American Journal of Clinical Nutrition, Vol. 88 (6): 1543-1551. Diakses melalui  https://ajcn.nutrition.org/content/88/6/1543.full. 7 Desember 2018

Elizabeth, L. 2017. I’ve heard that breast-feeding promotes weight loss. Is that true? https://mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/breastfeeding-and-weight-loss/faq-20094993. 7 Desember 2018

La Leche League. 2018. Weight Loss for Mother. https://llli.org/breastfeeding-info/weight-loss-mothers/ 7 Desember 2018

Murray, D. 2018. Breastfeedig and Weight Loss. https://verywellfamily.com/breastfeeding-and-postpartum-weight-loss-4318 7 Desember 2018


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store