APAKAH ORANG DEWASA MEMEBUTUHKAN OBAT GROWTH HORMON?

33

Anda tentu sering melihat iklan obat peninggi di media sosial. Tak hanya obat peninggi, sering kali juga berbagai iklan menawarkan obat penggemuk, obat menambah kecerdasan dan macam obat tumbuh kembang lainnya. Obat – obat tersebut biasanya dijual tidak hanya untuk anak namun juga untuk orang dewasa. Sesungguhnya obat – obat yang diiklankan tersebut apa benar berpengaruh pada tubuh orang dewasa? Yuk simak tulisan berikut untuk tahu jawabannya!

  • Mengenal Hormon Pertumbuhan

Growth hormone (GH) atau hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh kelenjar pituitary yang berada di dasar otak. Seperti namanya, hormon ini dibutuhkan untuk pertumbuhan dan memiliki peranan penting dalam bagaimana tubuh mengolah makanan untuk mengahasilkan energy. Kadar GH dalam darah berubah tiap harinya karena dapat terpengaruh aktivitas seperti olahraga dan tidur. Selain itu juga dipengaruhi pola makan dan stress. Bila terlalu banyak GH pada masa kecil akan menyebabkan anak tumbuh lebih tinggi dari normal atau biasa dikenal dengan gigantisme. Namun bila terlalu sedikit juga berpengaruh sehingga anak tumbuh kurang dari normal, kondisi ini biasa dikenal dengan kerdil. Jika kondisi GH yang berlebihan atau yang kurang diketahui sejak dini maka kondisi tersebut dapat dicegah. Mulai usia pertengahan, kelenjar pituitari perlahan-lahan mengurangi jumlah hormon pertumbuhan yang dihasilkannya. Maka normalnya kadar GH pada orang dewasa pada orang dewasa tidak sebanyak pada anak.

  • Apakah orang dewasa membutuhkan obat GH?

Iya, karena beberapa orang dewasa dengan kondisi kekurangan GH yang disebabkan penyakit tertentu, mungkin dapat diresepkan GH sintetis oleh dokter mereka. Salah satu penyebab kekurangan GH pada orang dewasa mungkin karena tumor jinak pada kelenjar pituitary atau dikenal dengan adenoma hipofise. Pada orang dewasa yang kekurangan GH, dapat diberikan suntikan GH yang berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan massa otot. Penyakit lain pada dewasa yang biasanya membutuhkan obat GH yaitu HIV/AIDS.

  • Lalu, apa fungsi obat GH pada orang dewasa sehat?

Penelitian pada orang dewasa sehat yang menggunakan obat GH terbatas. Meskipun tampaknya GH dapat meningkatkan massa otot dan mengurangi jumlah lemak tubuh pada orang dewasa yang sehat, namun peningkatan otot tidak berarti peningkatan kekuatan. Belum jelas tentang penelitian apakah obat GH dapat memberikan manfaat lain bagi orang dewasa yang sehat.

  • Apa risiko mengonsumsi obat GH jika Anda tidak membutuhkannya?

Obat GH dapat menyebabkan sejumlah efek samping untuk orang dewasa yang sehat, yaitu:

  • Carpal tunnel syndrom
  • Meningkatkan resistensi insulin
  • Pembengkakan di lengan dan tungkai kaki
  • Nyeri sendi dan otot
  • Untuk pria, pembesaran jaringan payudara (ginekomastia)
  • GH juga dapat berkontribusi terhadap kondisi seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung dan kemungkinan peningkatan risiko beberapa kanker.
  • Apakah obat GH dapat bentuk pil?

Ketika diresepkan oleh dokter, GH sintetis diberikan sebagai suntikan di bawah kulit. Tidak ada bentuk pil GH yang tersedia dengan resep dokter. Di media sosial ataupun website seringkali menjual bentuk pil penambah GH, mengklaim bahwa itu menghasilkan hasil yang mirip dengan bentuk obat yang disuntikkan. Namun, belum ada bukti penelitian bahwa klaim ini benar.

Jadi, apakah Anda masih berminat membeli obat yang menjanjikan hasil seperti fungsi GH? Sebaiknya pikir ulang dan diskusikan dengan dokter Anda! (LAM)

REFRENSI

  1. http://www.chp.edu/our-services/endocrinology/resources/endocrinology-patient-procedures/growth-hormone-treatment
  2. https://www.chop.edu/news/when-should-doctors-treat-short-children-and-teens-growth-hormone
  3. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/healthy-aging/in-depth/growth-hormone/art-20045735