Apakah Protein Juga Membuat Perut Membuncit???

156

Apakah Anda sedang berjuang untuk membuat perut buncit Anda menjadi rata? Ingin tahu apa yang boleh dan tidak boleh Anda makan? Sebenarnya, setiap makanan yang mengandung kalori dapat menyebabkan penimbunan lemak pada perut. Seperti halnya lemak, terlalu banyak mengkonsumsi protein juga dapat membuat perut Anda membuncit.

 

Fakta Seputar Lemak Perut

Penumpukkan lemak pada perut sebenarnya merupakan masalah yang sering dialami oleh setiap orang seiring dengan semakin bertambahnya usia orang tersebut karena melambatnya metabolisme tubuh mereka. Hal ini terutama banyak dialami oleh para wanita yang telah mendekati masa menopause.

Selain gaya hidup, faktor genetika juga turut berperan karena gen Anda mempengaruhi di mana tubuh Anda biasa menyimpan lemak. Untuk mengatasi perut buncit, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menurunkan berat badan, dengan mengendalikan jumlah kalori yang Anda konsumsi.

 

Makronutrien

Setiap manusia membutuhkan 3 makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak) dalam jumlah yang cukup besar untuk menyediakan tenaga dan membantu tubuh menjalankan fungsinya. Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, merawat sel tubuh, dan proses pertumbuhan jaringan tubuh; termasuk otot dan berbagai organ tubuh.

Karbohidrat merupakan sumber energi utama dari tubuh Anda. Sementara itu, lemak merupakan cadangan energi dan membantu proses pembentukan hormon. Sebenarnya, tubuh manusia juga dapat menggunakan protein sebagai sumber energi, tetap hanya bila sangat terpaksa (langkah akhir).

Peningkatan berat badan, termasuk lingkar perut Anda, terjadi saat Anda mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar oleh tubuh Anda. Dengan demikian, tubuh pun akan menyimpan kelebihan kalori tersebut sebagai lemak, untuk digunakan nanti (cadangan).

Jadi, kelebihan kalori, baik yang berasal dari karbohidrat, lemak, maupun protein akan disimpan di dalam tubuh dalam bentuk lemak. Akan tetapi setiap orang memiliki tempat penyimpanan lemak utama yang berbeda-beda.

Hal ini sebenarnya tergantung pada gen Anda. Pada beberapa orang, lemak sering berkumpul di daerah panggul, sementara pada sejumlah orang lainnya, lemak justru sering berkumpul di daerah perut.

 

Berapa Banyak Protein yang Diperlukan Untuk Menurunkan Berat Badan?

Menurut the Dietary Guidelines for Americans 2010, sekitar 10-35% kalori harian Anda harus berasal dari protein. Jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, sejumlah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi lebih banyak protein dapat membantu karena proteinlah yang membuat Anda merasa puas atau kenyang, jadi Anda pun akan makan lebih sedikit. Protein juga merupakan zat termogenik, yang berarti tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori saat mencernanya.

Untuk mencegah terjadinya peningkatan berat badan akibat protein, pastikan Anda mengkonsumsi diet seimbang dan tidak melebihi jumlah yang dianjurkan. Selain itu, konsumsilah protein tanpa lemak seperti ikan, ayam, dan kacang-kacangan daripada daging merah seperti sapi untuk mengurangi jumlah lemak dan kolesterol yang Anda konsumsi. Makanan yang dipanggang, direbus, dan dibakar lebih baik daripada makanan yang digoreng karena mengandung lebih sedikit kalori.

 

Sumber: healthyeating.sfgate