Apakah Saya Menderita Tekanan Darah Rendah?

86

Sebelum menentukan diagnosa tekanan darah rendah, dokter anda akan mengajukan berbagai pertanyaan dan berbagai pemeriksaan untuk mencari penyebab timbulnya gejala sehingga diagnosa dan pengobatan dapat dilakukan dengan tepat.

Berbagai gejala seperti pusing dan kepala terasa melayang atau ringan saat berdiri tidak selalu berarti anda menderita hipotensi postural atau tekanan darah rendah. Terdapat berbagai gangguan kesehatan lain yang dapat menyebabkan timbulnya gejala-gejala tersebut.

Dokter anda akan menanyakan riwayat kesehatan anda, usia, gejala apa saja yang anda alami, dan apakah ada kondisi tertentu yang membuat gejala timbul. Dokter anda mungkin juga akan berulang kali memeriksa tekanan darah dan denyut jantung anda, baik saat anda berbaring, beberapa menit setelah anda berbaring, dan dalam 2-5 menit setelah anda berdiri.

 

Pemeriksaan lain yang juga mungkin dilakukan oleh dokter anda adalah:
•    Pemeriksaan EKG untuk memeriksa irama jantung dan denyut jantung anda
•    Ekokardiogram yaitu USG pada jantung untuk melihat keadaan jantung anda
•    Pemeriksaan darah untuk memeriksa adanya anemia dan memeriksa kadar gula darah anda

 

Untuk memastikan apakah anda menderita hipotensi postural (penurunan tekanan darah saat anda duduk atau berdiri dari posisi tidur atau duduk), maka dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan “tilt table” yaitu pasien akan dibaringkan pada suatu ranjang periksa, dipasangkan tali pengaman, kemudian ranjang ini akan diubah posisinya menjadi berdiri, lalu dokter akan mengukur tekanan darah dan denyut jantung anda saat perubahan posisi ini.

 

Sumber: webmd