APAKAH SEMUA NYERI TELAN MEMBUTUHKAN ANTIBIOTIK?

3

Nyeri telan merupakan suatu gejala dari penyakit yang bisa sangat mengganggu. Terkadang hal ini dapat menyebabkan penurunan nafsu makan. Kebanyakan di masyarakat, diyakini bahwa nyeri telan diobati dengan antibiotik. Padahal tidak semua nyeri telan disebabkan oleh kuman. Ada juga nyeri telan yang disebabkan oleh virus. Antibiotik hanya dapat digunakan untuk mengatasi nyeri telan yang jelas disebabkan oleh kuman atau bakteri. Penggunaan antibiotik yang tidak pada tempatnya justru merugikan karena dapat meningkatkan resistensi antibiotik. Resistensi ini menyebabkan tubuh memerlukan antibiotik yang lebih kuat untuk bakteri yang sama. Selain itu, penggunaan antibiotik untuk nyeri telan yang disebabkan oleh bukan bakteri atau virus juga tidak akan memberikan kesembuhan.

Apa saja perbedaan gejala nyeri telan karena virus dan bakteri?

Infeksi karena bakteri biasanya menyebabkan nyeri telan yang lebih parah daripada virus. Infeksi karena bakteri dapat diikuti dengan nyeri menelan hingga bicara, juga dapat disertai demam. Terkadang ditemukan lapisan putih yang menutupi amandel. Pada infeksi karena bakteri dapat menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening di leher. Pada infeksi karena virus gejala yang menonjol adalah pilek. Jugadapat terjadi keluhan batuk, mata merah atau berair dan bersin. Selain karena virus dan bakteri, penyebab lain yang dapat menyebabkan nyeri telan adalah merokok, polusi udara, dan alergi. Namun, kejadian paling sering, nyeri telan adalah virus. Jika anda ragu apakah nyeri telan yang saat ini dialami karena bakteri, virus, atau yang lainnya, anda dapat menemui dokter nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan dapat juga diikuti dengan pemeriksaan lab.

Bagaimana mengobati nyeri telan karena virus?

Sampai saat ini tidak ada obat yang digunakan untuk mengobati sakit tenggorok termasuk nyeri telan karena virus. Beberapa cara dan pengobatan yang ada bertujuan sebagai simptomatis saja, atau mengurangi keluhan saja. Biasanya penyakit ini akan hilang dalam waktu kurang lebih 10 hari. Beberapa yang dapat dilakukan adalah:

  • Perbanyak minum terlebih air hangat
  • Berkumur dengan air garam hangat
  • Istirahat yang cukup dan makan makanan yang sehat
  • Jika nyeri dirasa mengganggu, anda dapat mengonsumsi penghilang sakit seperti ibuprofen atau mengonsumsi obat pelega tenggorokan seperti Lozenges

Bagaimana mengobati nyeri telan karena bakteri?

Berbeda dengan penyebab virus, jika penyebabnya adalah bakteri maka obat yang diberikan adalah antibiotik yang dapat dikonsumsi dalam bentuk pil atau disuntikkan. Ikuti instruksi dokter untuk pengobatan antibiotik ini. Minumlah semua obat meskipun anda merasa lebih baik. Sebaiknya anda beristirahat di rumah selama 24 jam setelah memulai antibiotik agar pengobatan lebih maksimal. Beberapa terapi suportif juga dapat dilakukan seperti:

  • Minum banyak cairan
  • Makan makanan yang lembut dan dingin seperti gelatin, eskrim, dan sup
  • Menghindari makanan yang pedas
  • Anti nyeri juga dapat dikonsumsi jika dirasa mengganggu (ITA)

Sumber:

WebMD. 2019. Is Your Sore Throat a Cold, Strep Throat, or Tonsilitis? https://www.webmd.com/cold-and-flu/sore-throat-cold-strep-throat-tonsillitis#1 4 April 2019