Apakah Sindroma Post Menstruasi Itu?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

184

Kebanyakan wanita yang sudah memasuki masa pubertas hingga dewasa tentu sudah tidak asing dengan istilah Presmentrual Syndrome atau Sindroma Premenstruasi, yaitu suatu kondisi yang terdiri atas beberapa gejala fisik, serta emosi dan perilaku yang dialami oleh seorang perempuan sebelum datangnya siklus menstruasi, yang menyebabkan ia mengalami gangguan dalam fungsi dan aktifitas sehari-hari. Namun, mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa ada istilah lain yang disebut Sindroma Post Menstruasi. Padahal sindroma yang satu ini juga cukup mengganggu aktivitas bila tidak diperhatikan.

Sindroma Post Menstruasi adalah adanya satu atau lebih gejala terkait hormonal yang terjadi dalam 2 minggu setelah siklus menstruasi selesai. Gejala sindroma ini adalah rasa nyeri dada, sakit punggung bawah, kram perut, dan mood yang tidak stabil. Perbedaannya dengan Sindroma Prementruasi adalah pada Sindroma Post Mentruasi, aspek gejala psikologis yaitu mood yang tidak stabil biasanya lebih berat.

Cara untuk mengatasi Sindroma Post Menstrual ini adalah dengan diet dan gaya hidup sehat. Menghindari alkohol, nikotin, dan kafein selama masa ini sangat membantu, serta tidur malam yang cukup (minimal 6-8 jam sehari). Olahraga ringan seperti yoga atau berjalan pagi juga dapat mengurangi gejala nyeri dan membantu aspek emosional. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah diet. Diet yang seimbang, tinggi Omega 3 dan Omega 6 dapat mengurangi gejala anda dan jangan lupa minum air putih yang secukupnya (8 gelas sehari).

Jika nyeri tidak dapat lagi ditahan maka Anda boleh mengonsumsi obat yang dijual bebas untuk meredakan nyeri dan membantu Anda beristirahat. Bila ada keluhan lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda atau menggunakan aplikasi PakDok yang siap melayani Anda 24 jam. (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

  1. https://theperiodvitamin.com/post-menstrual-syndrome.html
  2. http://www.redonline.co.uk/health-self/self/post-menstrual-syndrome-is-a-thing

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store