Asi Eksklusif: Kontrasepsi Alami Pasca Persalinan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

371

Pasti sudah banyak ibu yang tahu bahwa menyusui merupakan “KB alami” bukan? Dalam memilih KB, hal yang menjadi pertimbangan utama para Ibu pastinya adalah tidak mengganggu produksi ASI bagi si buah hati. Jadi bukankah luar biasa jika Ibu-ibu bisa memberi ASI eksklusif sekaligus dapat manfaat kontrasepsi? Ibu dapat menyusui dengan tenang tanpa harus pusing memikirkan kontrasepsi apa yang harus digunakan sesudah melahirkan.

Metode Amenore Laktasi atau MAL merupakan salah satu metode kontrasepsi alami pasca persalinan yang sepertinya sudah bukan informasi baru lagi buat para Ibu. Namun ada beberapa hal penting yang harus diketahui dan diperhatikan jika Anda memilih untuk menggunakan ASI sebagai metode kontrasepsi agar tidak gagal. Sekarang mari kita bahas apa saja keuntungan serta keterbatasannya.

MAL (Metode Amenore Laktasi) adalah kontrasepsi yang mengandalkan pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif, artinya hanya diberikan ASI tanpa tambahan makanan ataupun minuman apapun lainnya. Syarat untuk menggunakannya adalah menyusui secara penuh dan lebih efektif bila pemberian lebih dari 8 kali sehari. Cara kerja MAL ini adalah dengan penundaan/penekanan ovulasi (pelepasan sel telur matang yang siap dibuahi).

Keuntungan dari MAL adalah :

  1. Efektivitas tinggi (keberhasilan 98% pada enam bulan pasca persalinan)
  2. Segeradapat dilakukan
  3. Tidak mengganggu senggama
  4. Tidak ada efek samping
  5. Tidak perlu pengawasan medis
  6. Tidak perlu obat atau alat
  7. Tanpa biaya

Keterbatasan dari MAL adalah sebagai berikut.

  1. Perlu persiapan sejak perawatan kehamilan agar dapat segera menyusui dalam 30 menit pasca persalinan.
  2. Efektivitas tinggi sampai kembalinya haid atau sampai dengan 6 bulan.
  3. Mungkin sulit dilaksanakan karena kondisi sos

Untuk Ibu yang menyusui namun tidak penuh, proteksinya hanya sampai 6 minggu pasca persalinan selanjutnya pilihan kontrasepsi lain yang bisa digunakan adalah metode hormonal Progestin yang dimulai 6 minggu pasca persalinan, kondom, Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR), atau Kontrasepsi Mantap (Tubektomi dan Vasektomi). KB hormonal kombinasi tidak boleh digunakan untuk Ibu menyusui.

MAL adalah metode yang sangat efektif karena bermanfaat bagi bayi dan ibu sekaligus. Mari kita mendukung program ASI eksklusif bersamaan dengan metode MAL ini demi terwujudnya keluarga berencana yang bahagia. (EM/CM)

Sumber:

Direktorat Jenderal Bina Gizi Dan Kesehatan Ibu dan Anak. Pedoman Pelayanan Keluarga Berencana Pasca Persalinan di Fasilitas Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2014.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store