Asi Eksklusif; Nutrisi Yang Ekonomis Dengan Beribu Manfaat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

636

Bunda tentunya tahu ASI adalah pilihan terbaik bagi bayi, memberikann ASI eksklusif berarti memberikan ASI sebagai satu- satunya asupan gizi si kecil sejak lahir, kecuali obat dan cairan untuk rehidrasi, selama 6 bulan. Bunda perlu tahu bahwa ASI mengandung nutrisi, antioksidan, hormon dan antibodi yang diperlukan oleh seorang bayi untuk bertahan dan berkembang. Selain itu, bayi yang diberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan dan seterusnya sampai usia dua tahun risiko terkena penyakit infeksi lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak. Menurut WHO, bayi yang tidak mendapatkan ASI memiliki risiko 6 kali lipat lebih besar meninggal akibat penyakit menular, termasuk diare, pada dua bulan pertama kehidupannya, oleh sebab itu WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif sejak lahir sampai berusia 6 bulan.

Sistem pertahanan tubuh bayi yang baru lahir masih rendah, oleh karena itu bayi baru lahir mendapatkan sistem imun dari ibu, baik yang berasal dari dalam kandungan yang ditransfer malalui placenta atau yang berasal dari ASI. Komponen ASI yang memiliki kadar antibodi paling tinggi adalah kolostrum, yaitu ASI yang keluar pada saat bayi baru lahir hingga berusia 7-9 hari. Sayangnya, banyak ibu yang membuang kolostrum ini, karena beranggapan kolostrum tidak berguna dan justru berbahaya bagi bayi karena warna kolostrum yang kuning menyerupai nanah.

Nah, setelah mengetahui manfaatnya Bunda lebih yakin untuk memberikan ASI secara eksklusif untuk si kecil kan? Dan untuk para suami, ingat bahwa salah satu penunjang keberhasilan ibu dalam meberikan ASI eksklusif adalah dukungan dari keluarga- terutama suami. Mari kita dukung terus program pemberian ASI Eksklusif ini sehingga generasi penerus bangsa bisa tumbuh sehat dan berkualitas. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Hubungan ASI Eksklusif Dengan Diare Pada Bayi. http://imeldamuhammad.blogspot.com/2014/08/hubungan-asi-eksklusif-dengan-diare.html
  2. 13 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif. https://www.alodokter.com/13-manfaat-memberikan-asi-eksklusif
  3. Pentingnya Pemberian ASI Esklusif. https://meetdoctor.com/article/pentingnya-pemberian-asi-eksklusif

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store