Asthenopia: Mata Lelah

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

127

Apakah mata Anda terasa lelah, sakit, atau pegal? Apakah gejala-gejala ini muncul setelah membaca untuk waktu yang lama? Mungkin mata Anda merasa lelah setelah membaca atau melihat serangkaian pesan teks dan konten di smartphone Anda. Anda mungkin mengalami asthenopia, atau ketegangan mata yang berlebihan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sering menggunakan smartphone dan perangkat elektronik genggam lainnya dapat menyebabkan gejala asthenopia. Berselancar di Internet atau membaca pesan teks atau email di ponsel cerdas dapat sangat membebani sistem visual, karena mata harus saring untuk membaca huruf kecil yang sering.

Gejala

Berikut beberapa gejala asthenopia:

  1. Sakit kepala
  2. Mual
  3. Kelelahan
  4. Kantuk
  5. Sensitivitas cahaya
  6. Penglihatan kabur
  7. Ketegangan mata
  8. Sakit mata
  9. Mata kering
  10. Kesulitan membaca
  11. Konsentrasi buruk

Pengobatan asthenopia

Ketegangan mata merupakan masalah yang umum karena sebagian besar pekerjaan membutuhkan penggunaan komputer secara konstan. Popularitas smartphone, yang memiliki layar terang, juga berkontribusi pada masalah ini. Berikut ini adalah tindakan yang dapat Anda lakukan untuk membantu meredakan ketegangan mata:

  1. Pijat mata: Pijatan lembut dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke mata dan membantu mengendurkan otot mata. Ini dapat dicapai dengan memijat kelopak mata dan otot-otot di atas alis selama sekitar 20 detik, kemudian pindah ke daerah kelopak mata bagian bawah ke tulang bawah selama 20 detik. Melakukan ini sekali atau dua kali sehari dapat memberikan sedikit kelegaan.
  2. Sunning: Matahari adalah sumber energi yang besar, dan dapat digunakan untuk membantu ketegangan mata. Dengan berdiri di bawah sinar matahari langsung dengan kelopak mata tertutup, Anda dapat menghilangkan ketegangan mata Anda. Ini paling baik dilakukan pada pagi hari. Penting untuk tidak melihat langsung ke matahari.
  3. Air dingin: Memercikkan air dingin pada mata dapat meredakan ketegangan mata ringan, meningkatkan sirkulasi darah, dan merilekskan mata yang lelah. Juga dapat mengurangi munculnya pembengkakan dan bengkak mata.
  4. Kompres hangat: Panas juga merupakan obat yang baik untuk menghilangkan mata lelah, membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak.
  5. Teh chamomile: Menggunakan kantong teh bekas teh jenis ini dapat membantu menenangkan dan mengendurkan otot mata serta mengurangi pembengkakan. Cara ini paling baik dilakukan dengan menempatkan kantong teh bekas di lemari es dan menempatkannya di kelopak mata saat dingin.
  6. Mentimun: Memiliki sifat astringen alami, ini membantu menenangkan otot mata yang lelah dan bahkan dapat mengurangi bengkak dan lingkaran hitam. Dengan cara mengiris mentimun berukuran sedang dan menempatkannya di mata sekali atau dua kali sehari.
  7. Ubah pencahayaan Anda: Dengan mematikan kelebihan cahaya pada monitor atau smartphone anda, maka mata Anda bisa bekerja lebih sedikit untuk menyesuaikan dengan kecerahan yang meningkat. Terlalu banyak cahaya dapat terlalu merangsang mata, menyebabkan ketegangan mata.
  8. Rileks dan bernapas: Tutup mata Anda dan napas perlahan. Ini akan membantu meningkatkan pengiriman oksigen ke sel-sel dan memberi Anda istirahat yang sangat dibutuhkan dari stimulasi visual.

Pencegahan

Jika Anda berpikir Anda memiliki kondisi ini, tips berikut dapat membantu meringankan gejala Anda:

  1. Istirahat selama 20 detik Setiap 20 menit penggunaan komputer
  2. Tingkatkan ukuran font di komputer dan perangkat genggam.
  3. Gunakan pencahayaan yang tepat pada komputer dan perangkat genggam anda.
  4. Berkedip lebih sering.
  5. Jika gejala mengganggu Anda setiap hari dan gejalanya menetap. maka Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan mata menyeluruh dengan dokter mata Anda untuk dievaluasi. (LM)

Referensi

Andre, D. (2018). Asthenopia (eye strain): Causes, symptoms, and treatment. Retrieved from https://google.com/url?q=https://belmarrahealth.com/  asthenopia-eye-strain-causes-symptomstreatment/&source=gmail&ust=154307 1225812000&usg=AFQjCNGZZ_ZPMwbozWBLbTmOQodkaqbOAg

Tired Eyes and Asthenopia – Causes, Treatment, and Prevention. (2018). Retrieved from https://verywellhealth.com/do-you-suffer-from-asthenopia-or-tired-eyes-3421982


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store