ATASI SEMBELIT DENGAN TEH HERBAL

83

Minuman hangat dapat membantu merangsang sistem pencernaan untuk meredakan gejala sembelit. Minum teh herbal adalah salah satu cara mengatasi sembelit yang alami dan dipercaya tidak ada efek samping. Beberapa teh herbal jenis tertentu bahkan diduga bermanfaat untuk melemaskan otot sehingga mampu mendorong pergerakan usus yang lebih lancar.

Contoh teh herbal yang dapat membantu mengatasi sembelit, antara lain:

  1. Teh senna

Teh senna berasal dari daun kering tanaman semak Senna alexandrina ini mengandung senyawa glikosida. Glikosida memiliki efek laksatif alami yang dapat membantu melemaskan otot-otot sistem pencernaan agar membuat feses lebih bergerak dengan mudah di sepanjang usus hingga keluar lewat anus. Rasa teh senna cukup pahit, maka Anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis agar rasanya lebih enak.

  • Teh hitam dan hijau

Teh hijau dan teh hitam sama-sama mengandung kafein yang memiliki efek pencahar untuk merangsang gerak usus memperlancar BAB. Efek pencahar ini akan terasa lebih nyata jika teh diminum di pagi hari saat perut masih kosong. Namun, bagi Anda yang sensitif terhadap kafein sebaiknya mencari alternatif teh lain yang lebih aman untuk pencernaan Anda.

  • Teh peppermint

Peppermint dikenal baik untuk pencernaan. Efek menthol dalam peppermint dapat membantu merelaksasi otot-otot perut. Dengan meminum satu cangkir teh peppermint setiap hari bisa membantu mengatasi sembelit dan juga meredakan sakit perut.

  • Teh dandelion

Teh dandelion cukup ampuh dalam mengatasi sembelit. Teh dandelion bahkan dapat membantu mengatasi masalah pencernaan lain, seperti kembung. Selain itu, teh ini dapat merangsang hati untuk menghasilkan empedu yang secara tidak langsung membantu mengatasi sembelit.

  • Teh chamomile

Teh chamomile dikenal sebagai obat tradisional yang juga mampu memberikan efek menenangkan berkat aromanya yang harum. Jika sedang sembelit, cobalah untuk minum secangkir teh chamomile setelah makan atau menjelang tidur untuk membantu menenangkan otot-otot usus.

Teh herbal termasuk salah satu cara mengatasi sembelit untuk jangka pendek. Jangan minum teh herbal secara berkelanjutan karena dapat menimbulkan risiko kesehatan tertentu, misalnya ketergantungan minum teh akan membuat Anda makin kesulitan untuk BAB tanpa minum teh dulu. Selain itu, jika Anda sedang hamil hindari mengonsumsi teh senna karena dapat membuat diare dan dehidrasi. Teh herbal juga bisa berinteraksi negatif terhadap obat-obatan yang mungkin Anda konsumsi saat ini. Karena itu, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mempertimbangkan manfaat dan risiko meminum teh herbal. (RD)

Sumber:

  1. Teas for constipation relief. 2016. Available at https://www.healthline.com/health/digestive-health/tea-for-constipation#treatment 

Herbal teas for constipation. 2018. Available at https://www.medicalnewstoday.com/articles/322624.php?sr