Aterosklerosis

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

152

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing mendengar istilah aterosklerosis. Aterosklerosis adalah penyempitan dan penebalan pembuluh darah arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri. Plak ini terbentuk dari kolesterol, lemak, produk buangan dari sel, kalsium, dan bahan yang diperlukan untuk pembekuan darah. Hal inilah yang menyebabkan peredaran darah dan oksigen dari arteri ke organ tubuh terhambat.

Aterosklerosis dapat menjadi salah satu penyebab dari berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung dan stroke. Semua penyakit ini pada umumnya diawali dengan proses aterosklerosis, tinggal tergantung pada pembuluh darah apa yang terkena, jika itu di jantung bisa menyebabkan penyakit jantung koroner ataupun serangan jantung, dan jika terkena pada pembuluh darah diotak bisa berujung pada serangan stroke.

Aterosklerosis ini tidak terbentuk begitu saja, tetapi melalui tahap-tahap yang cukup panjang. Aterosklerosis dimulai dengan kerusakan pada lapisan pada dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, sering merokok, atau karena kolesterol jahat yang tinggi dalam darah. Kerusakan dinding ini kemudian berkembang menjadi terbentuknya plak.

Plak terbentuk dari kolesterol, sel, dan bahan buangan sel yang menonjol pada dinding pembuluh darah. Plak ini lama-lama akan terus membesar sehingga dapat menyumbat aliran darah. Karena prosesnya yang panjang dan memakan waktu bertahun-tahun, sehingga tidak heran jika aterosklerosis ini banyak diderita oleh orang yang sudah berumur.

GEJALA

Pada umumnya aterosklerosis tidak menimbulkan gejala sebelum penyempitan atau penyumbatan yang mendadak terjadi. Apabila aterosklerosis menyebabkan penyempitan pembuluh darah, maka bagian tubuh yang diperdarahi pembuluh tersebut tidak akan memperoleh darah yang memadai, sehingga bagian tubuh tersebut akan kekurangan oksigen dan nutrisi.

Manifestasi klinis dari adanya aterosklerosis adalah stroke, dan penyakit jantung koroner, yang dapat menyebabkan kematian, oleh karena itu gejala yang timbul dapat berbeda – beda tergantung dari lokasi terbentuknya, bisa berupa gejala otak, gejala jantung, gejala tungkai atau tempat lainnya.

PENYEBAB

Penyebab pasti aterosklerosis belum diketahui, namun penyakit ini dimulai saat terjadi kerusakan atau cedera pada lapisan dalam dinding arteri. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh:

  • Kadar kolesterol, trigliserida, serta tekanan darah yang tinggi.
  • Diabetes atau resisten terhadap insulin.
  • Penyakit yang menyebabkan peradangan, seperti artritis, infeksi, atau lupus.
  • Kebiasaan merokok.
  • Obesitas.

Selain penyebab di atas, seseorang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat aterosklerosis juga diduga berisiko tinggi untuk menderita penyakit yang sama.

CARA MENCEGAH

Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah aterosklerosis adalah :

Merokok dapat merusak dinding pembuluh darah sehingga plak, yang dapat mengembangkan aterosklerosis, makin mudah terbentuk.

  • Ubah pola makan

Terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam darah dapat membuat plak berkembang lebih besar.

  • Olahraga teratur

Olahraga secara teratur dapat mengurangi lemak darah tubuh, menurunkan tekanan darah, dan untuk mengontrol berat badan (RH)

Daftar Pustaka

Boudi F.B, MD, FACP. 2016. Coronary Artery Atherosclerosis. Available at https://emedicine.medscape.com/article/153647-overview

WbMD. Beckerman J [Reviewed]. 2018. What Is Atherosclerosis. Available at https://webmd.com/heart-disease/what-is-atherosclerosis#1


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store