Ayo deteksi katarak sejak dini!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

67

Bila mendengar atau membaca kata katarak, apa hal pertama yang muncul di benak Anda? Apakah Anda tahu bahwa katarak adalah suatu penyakit mata? Katarak merupakan salah satu penyakit mata yang paling sering ditemukan sebagai sebagai gangguan penglihatan dan kebutaan di dunia. Yuk, untuk lebih tau tentang katarak simak tulisan berikut ini!

Apa yang dimaksud dengan katarak ?

Katarak adalah kelainan mata yang terjadi bagian lensa. Kelainan lensa yang terjadi yaitu berupa kekeruhan lensa yang dapat disebabkan penambahan cairan lensa atau bekurangnya protein lensa ataupun akibat kedua proses tersebut. Kekeruhan dapat terjadi dikedua mata, proses kekeruhan bisa secara progresif ataupun berlangsung lama.

Faktor resiko terkena katarak

Umumnya katarak adalah penyakit mata pada usia lanjut, namun ada juga katarak yang didapatkan sejak lahir atau akibat dari penyakit mata yang menahun seperti glaucoma, ablasi, uveitis dan retinitis. Selain karena faktor usia dan penyakit mata, katarak juga bisa didaptkan karena kelainan metabolik seperti diabetes mellitus atau biasa dikenal di masyarakat dengan istilah kencing manis. Terlepas dari faktor usia, penyakit mata yang didapatkan sejak lahir, penyakit mata menahun ataupun kelainan metabolik, tetap saja memungkinkan ditemukan katarak pada mata seseorang. Berikut beberapa faktor lain yang dapat menimbulkan katarak:

  • Radang mata
  • Trauma mata
  • Riwayat keluarga dengan katarak
  • Pemakaian obat minum steroid jangka waktu lama
  • Merokok
  • Riwayat pembedahan mata
  • Paparan sinar matahari yang yang terlalu banyak

Tanda dan gejala yang dapat timbul akibat katarak

Katarak dapat timbul pada kedua mata ataupun satu mata saja. Bila katarak terkena pada satu mata, namun tidak dapat menularkan pada sisi mata yang lain. Selain itu katarak tidak dapat ditularkan ataupun menularkan orang lain. Tanda dan gejala yang timbul pada setiap orang dapat berbeda. Berikut beberapa tanda dan gejala umum yang dapat timbul ketika seseorang terkena katarak:

  • Menurunnya pengelihatan
  • Pandangan mata seperti berkabut atau berasap
  • Sulit melihat pada pencahyaan redup atau saat malam hari
  • Pengelihatan berbayang atau ganda
  • Gangguan pengelihatan warna (memudar)
  • Mudah merasa sila

Periksakan mata Anda ke dokter

Bila Anda mulai merasakan adanya tanda dan gejala katarak, segeralah periksakan mata Anda ke dokter. Bila tanda dan gejala tersebut diabaikan akan mempengaruhi kualitas hidup Anda. Semakin cepat Anda menyadari perubahan pada mata Anda, semakin cepat katarak dapat terdeteksi dan teratasi. Sebaiknya periksakan mata Anda rutin minimal 6 bulan sekali untuk mencegah terjadinya katarak atau penyakit mata lainnya. Khususnya untuk orang-orang dengan faktor resiko terkena katarak disarankan untuk lebih rutin memeriksakan kesehatan matanya. (LAM)

Referensi

http://dinkes.kotawaringinbaratkab.go.id/detail/katarak

http://www.depkes.go.id/article/view/15060300002/katarak-dapat-disembuhkan.html

https://www.cdc.gov/visionhealth/vehss/data/studies/cataract.html

Zhang X, Kahende J, Fan AZ, Barker L, Thompson TJ, Mokdad AH, et al. Smoking and visual impairment among older adults with age-related eye diseases. Prev Chronic Dis 2011;8(4):A84.http://www.cdc.gov/pcd/issues/2011/jul/10_0156.htm. Accessed 9 November 2018

http://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/blindness-and-visual-impairment

Ilyas, S. & Yulianti, S. R., 2014. Mata Tenang Pengelihatan Menurun Perlahan. In: Ilmu Penyakit Mata. Jakarta: Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, pp. 210-211.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store