Bagaimana Anda Tahu Jika Selaput Darah Anda Robek?

122

Selaput dara adalah selaput tipis yang menutupi lubang vagina dari dalam. Selaput dara memiliki bentuk yang bervariasi, dengan bentuk paling umum adalah bentuk setengah bulan yang memungkinkan darah menstruasi mengalir keluar melalui vagina.

Selaput dara memiliki lubang kecil seukuran jari Anda. Ukuran ini sebenarnya cukup besar untuk memasukkan tampon. Namun Anda harus berhati-hati saat memasukkan tampon karena bila tidak hati-hati maka bisa saja merusak selaput dara Anda.

Bagaimana Anda tahu bila selaput dara Anda robek?

Dalam budaya Indonesia, keutuhan selaput dara adalah hal yang paling penting untuk seorang wanita. Hal inilah yang membuat banyak wanita merasa takut apabila selaput dara mengalami kerusakan.

Untuk Anda yang ingin tahu apakah selaput dara Anda masih utuh atau tidak, maka ini caranya:

Gunakan cermin dan senter untuk membantu melihat saluran dalam vagina Anda.

Caranya:

Berbaring telentang

Tempatkan cermin tepat diantara kaki Anda

Buka bibir vagina bagian dalam dan luar untuk melihat ke dalam vagina

Sinari dengan senter akan membuat lebih mudah untuk melihat jauh ke dalam saluran vagina. Apabila Anda melihat lapisan tipis kulit dengan lubang kecil di dalamnya maka selaput dara Anda masih utuh.

Namun bila Anda melihat kulit sekitar lubang vagina tampak rusak tanpa membrane, kemungkinan selaput dara sudah robek. Namun perlu diingat bahwa selaput dara ada bersifat elastis sehingga kuat dan tidak robek da nada selaput dara yang sifatnya mudah robek.

Apa penyebab selaput dara robek bukan karena hubungan seks?

  • Seseorang yang mengalami kecelakaan dan terkena benda yang cukup keras pas sekitar daerah vagina.
  • Masturbasi menggunakan jari atau benda besar seperti vibrator atau candlestick bisa merobek selaput dara Anda.

Apa yang harus dilakukan apabila selaput dara Anda robek namun bukan karena hubungan seks, misal karena kecelakaan:

Saat Anda mengalami kecelakaan pada daerah vagina Anda dan Anda mampu untuk bergerak. Jangan panik, apabila terjadi perdarahan maka Anda menaruh es dibagian yang terluka dan segera pergi ke praktek dokter terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama. Apabila memungkinkan maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah yang bisa memperbaiki dan merekonstruksi selaput dara Anda.

Kapan Anda harus menemui dokter?

Anda biasanya tidak mengalami pendarahan berat ketika selaput dara robek.  Anda harus menghubungi dokter Anda jika Anda mengalami perdarahan berat yang berlangsung lama. Karena hal ini mungkin menunjukkan kanker leher rahim. Perlu diingat bahwa berdarah selama hubungan seksual bukan hanya berarti robeknya selaput dara namun juga karena kondisi seperti polip serviks, gonore, displasia, polip rahim, infeksi jamur vagina, dan tumor fibroid.

Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengalami pendarahan serius selama atau setelah hubungan seksual.