Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit?

139

Sembelit adalah salah satu hal yang cukup mengganggu seseorang. Selain perut terasa begah, Anda juga merasa tidak nyaman.

 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk membantu mengatasi sembelit:

  • Pola makan

Terjadinya sembelit paling sering disebabkan pola makanan yang kurang baik untuk pencernaan Anda. Usahakan untuk makan dengan menu diet seimbang seperti banyak mengkonsumsi banyak buah-buahan, sayuran dan gandum sereal. Usahakan untuk mengunyah makanan dengan baik dan minum 2 liter air perhari. Agar kotoran menjadi lebih lunak.

  • Apa yang Anda tidak makan atau minum bisa sama-sama penting

Konsumsi alkohol memiliki efek dehidrasi dan ini akan memperburuk sembelit Anda. Jika Anda seorang peminum berat, berarti Anda harus menghindari konsumsi alkohol. Kopi, teh dan cola mengandung kafein, yang juga menyebabkan terjadinya dehidrasi dan membuat terjadinya sembelit.  konsumsi mereka akan bermanfaat dalam mencegah kembalinya sembelit.

  • Jangan menunda buang air besar

Waktu terbaik untuk buang air besar adalah ketika tubuh Anda sinyal merasa sudah waktunya untuk buang air besar. Apabila Anda mengabaikan sinyal ini, keinginan tersebut akan menghilang dan tinja Anda akan menjadi lebih kering. Sehingga Anda akan sulit buang air besar.

  • Gangguan psikologis

Seseorang yang sedang mengalami gangguan psikologi sepeti stres ataupun cemas dapat mengalami terjadinyas sembelit. Oleh karena itu disarankan untuk menghindari stres dengan cara latihan pernapasan, meditasi.

 

Apabila sembelit yang Anda rasakan tidak berkurang Anda dapat memeriksakan diri secara langsung kepada dokter.

 

 

Sumber: womenosophy