Bagaimana Cara Mengganti Popok/Pampers yang Benar?

332

Bingung bagaimana caranya mengganti popok atau pampers bayi Anda? Di bawah ini Anda dapat melihat langkah-langkah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mengganti pampers/popok bayi Anda dengan benar.

 

PAMPERS

Persiapan

Mulailah dengan membersihkan tangan Anda dengan air bersih dan sabun. Jika Anda sedang berpergian, Anda dapat membersihkan tangan Anda dengan tisu basah. Pastikan Anda sudah menyiapkan pampers baru dan tisu basah, bedak, dan kantong plastik untuk pampers yang kotor.

 

Ganti Popok yang Kotor

Baringkan bayi Anda ke sebuah kasur atau meja dan lepaskan pelekat pampers di bagian samping, kemudian bukan pampersnya. Bila bayi Anda merupakan bayi laki-laki, sebaiknya Anda meletakkan handuk atau kain di kemaluannya untuk mencegah Anda terkena semburan air kemihnya.

Jika bayi Anda buang air besar, gunakan bagian depan pampers untuk membersihkan kotoran bayi Anda, kemudian pindahkan bayi Anda ke bagian yang bersih. Lalu angkat kedua kaki bayi Anda dengan satu tangan dan gunakan tangan lain untuk membersihkan kotoran pada bokong bayi Anda, dari depan ke belakang. Buang pampers yang kotor.

 

 

Pasang Popok Baru

Setelah Anda menyingkirkan pampers yang kotor, letakkan bagian belakang pampers bersih Anda di bawah bokong bayi Anda. Buka bagian depan pampers dan letakkan di antara kedua kaki bayi Anda, menutupi kemaluannya.

Jika bayi Anda baru saja lahir, pastikan Anda meletakkan bagian atas pampers di bawah tali pusat yang masih tersisa hingga luka benar-benar sembuh. Rekatkan kedua lem di bagian samping pampers.

 

Cuci Tangan

Setelah Anda selesai mengganti pampers bayi Anda, segera cuci tangan Anda untuk mencegah terjadinya infeksi dan penularan penyakit, terutama bila ada lebih dari 1 bayi di sana.

 

POPOK KAIN

Persiapan

Sekarang ini, banyak orang tua memilih menggunakan popok kain karena lebih baik bagi lingkungan dan juga dapat digunakan lebih dari 1 kali. Mulailah dengan mencuci tangan Anda dengan air bersih dan sabun. Baringkan bayi Anda pada permukaan datar dan pastikan sudah ada popok bersih, tisu atau kain basah, dan bedak.

 

Ganti Popok yang Kotor

Mulailah dengan meletakkan popok bersih di samping dan bukalah ikatan popok yang sudah kotor. Bila bayi Anda merupakan bayi laki-laki, sebaiknya Anda meletakkan handuk atau kain di kemaluannya untuk mencegah Anda terkena semburan air kemihnya.

Buka bagian depan popok dan gunakan bagian yang bersih untuk membersihkan sisa kotoran pada kulit bayi Anda. Dengan menggunakan satu tangan, angkat kedua kaki bayi Anda dan bersihkan bokong bayi Anda dari arah depan ke belakang.

 

Pasang Popok yang Baru

Setelah bersih, letakkan popok bersih ke bawah bokong bayi Anda, kemudian pasang bagian depan popok di antara kedua kaki bayi Anda, menutupi kemaluannya. Ikat tali popok Anda.

 

Cuci Tangan

Untuk mencegah penyebaran bakteri dan penyakit, bersihkan tangan Anda dengan air bersih dan sabun setelah mengganti popok.

Setelah selesai mengganti popok, Anda dapat memasangkan pakaian bayi Anda dan buang tinja ke dalam kloset dan bersihkan sisa kotoran yang ada di popok di wastafel sebelum mencuci popok. Pastikan Anda menggunakan sabun bayi saat mencuci popok untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi Anda. Setelah itu, pastikan Anda kembali mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.

 

.

 

Sumber: medhealthdaily