Bagaimana Cara Mengurangi Resiko Diabetes?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

226

Diabtes sudah menjadi masalah yang sangat besar dibelahan dunia manapun dan kita juga tidak boleh memandang diabetes secara remeh.  Menurut statistik dari the International Diabetes Federation, diperkirakan sebanyak 552 juta orang, atau 1 dari 10 orang dewasa akan menderita diabetes di tahun 2030.

Jika hal tersebut benar terjadi, maka terjadi lonjakan sebesar 200 juta orang denga diabetes tipe 2 selama dua dekade. The World Health Organization (WHO) memperkirakan sebanyak 346 juta orang menderita diabetes di seluruh dunia.

The Diabetes Federation mengatakan, peningkatan jumlah penderita diabetes tipe 2 pada anak-anak dan remaja juga mengalami peningkatan. Duapuluh tahun yang lalu hampir tidak pernah terdengar kasus diabetes tipe 2 terjadi pada usia yang muda.

Sesungguhnya, diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan perubahan pola hidup. Anda juga tentu sudah memahami pentingnya olahraga dan diet bukan? Studi lain juga berhasil mengidentifikasi lima kebiasaan sederhana yang dapat mengurangi resiko terjadinya diabetes sampai 80%.

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan:
•  Melakukan diet sehat, termasuk banyak buah dan sayuran
•  Berolahraga minimal tiga kali seminggu, selama 20 menit
•  Mempertahankan indeks masa tubuh antara 18,5-24,9
•  Tidak merokok
•  Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedikit

Dengan mengikuti lima langkah diatas ternyata sangat efektif untuk mencegah terjadinya diabetes, tetapi para ilmuwan mengatakan hal yang paling efektif adalah dengan mempertahankan berat badan normal.
Laki-laki dengan berat badan normal 70% resiko lebih rendah dibanding pria yang mengalami obesitas, sementara wanita dengan berat badan normal memiliki resiko 78% lebih rendah terkena diabetes dibandingkan wanita obesitas.

Tetapi, untuk orang dengan overweight hanya perlu melakukan beberapa perubahan gaya hidup seperti diatas, maka resiko terkena diabetes juga dapat diturunkan.


Tanya keluh sehatmu lewat aplikasi, install Pakdok sekarang click Andoid Google Play dan IOS App Store