Bagaimana Jika Anak Saya Tidak Sengaja Menelan Benda Asing?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

266

Anak usia 1-6 tahun merupakan usia rawan dalam kejadian menelan benda asing. Kadang sebagai orang tua tentu tidak terpikir bahwa anaknya dapat memasukkan benda asing seperti koin, baterai kancing, kabel, jarum, dan sebagainya. Selain benda asing, kejadian tidak menyenangkan seperti tenggorokan tertusuk duri saat makan ikan juga sering terjadi. Contoh kasus lain adalah tertelan jarum pentul saat memakai hijab atau tertelan gigi palsu pada usia lanjut.

Menelan benda asing dalam bahasa medis disebut Corpus Alineum Esophagus. Corpus diartikan benda, alien diartikan asing, dan Esophagus merupakan saluran makan. Benda asing saluran makan dapat diartikan terhentinya benda (makanan & non-makanan) dalam saluran cerna. Makanan seperti tulang, daging, dan kikil. Bukan makanan sepert uang logam (paling banyak), gigi palsu, dan baterai kancing (paling bahaya). Benda asing yang masuk ke sauran cerna dapat terletak di amandel, pangkal lidah, dan dinding belakang tenggorokan.

Faktor-faktor terjadinya tertelan benda asing saluran makan adalah usia (banyak di anak-anak), kehilangan mekanisme proteksi (penggunaan gigi palsu, penurunan kesadaran, kejang, dan sebagainya), tidak berhati-hati, psikologis, kebiasaan (peniti, jarum pentul, uang), dan kelainan struktur dari saluran makan itu sendiri.

Gejala dari tertelan benda asing pada saluran makan:

  1. Riwayat tertelan
  2. Rasa mengganjal di tenggorokan
  3. Sulit menelan
  4. Air liur menetes
  5. Muntah
  6. Sesak nafas
  7. Nyeri perut bagian atas

Saat terjadi hal-hal ini segera bawa ke Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan terapi awal. Mengapa segera? Karena ada bahan-bahan seperti baterai yang berbahaya jika tidak segera ditangani.

Hal yang penting yang perlu diperhatikan:

  1. Ajari anak untuk tidak memasukkan makanan ke mulut.
  2. Jangan meletakkan barang-barang berbahaya sembarangan.
  3. Jangan menggigit benda-benda yang bukan makanan seperti jarum pentul dan peniti.
  4. Lepas gigi palsu sebelum makan dan sebelum tidur

Jadi apakah berbahaya tertelan/menelan benda asing? Ya! Karena komplikasi yang disebabkan seperti kekurangan cairan, luka pada saluran pernapasan, infeksi, tersedak hingga masuk ke saluran pernapasan, dan sesak napas dapat mengancam nyawa. (KEZ/CM)

Sumber:

Buku Ajar Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Kepala dan Leher Fakultas Kedokteran UI


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store