Bagaimana Kopi Dapat Meningkatkan Kesehatan Anda?

122

Apakah Anda salah satu orang yang tidak dapat hidup tanpa kopi? Kopi ternyata merupakan jenis minuman yang menyehatkan tubuh. Tetapi seperti anggur, coklat dan popcorn, kopi selama ini digolongkan sebagai jensi makanan yang tidak sehat. tetapi penelitian yang dilakukan baru-baru ini membuktikan minum kopi sampai lebih dari 4 cangkir perhari ternyata masih memberikan manfaat kesehatan. Hasil ini  didapatkan dari penelitian selama 13 tahun dan melibatkan 402.260 anggota dari AARP dan diselenggarakan oleh  the National Cancer Institute. Penelitian ini sudah dipublikasikan di New England Journal of Medicine. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peminum kopi yang teratur dihubungkan dengan penurunan kematian dini sebanyak 16%.

Dengan minum kopi dapat menurunkan kadar hormon stress kortisol, tetapi juga dapat meningkatkan ketergantungan terhadap kafein. Berikut adalah beberapa manfaat dari kopi, jika Anda membatasi asupan gula dan krim:

  • Pencegahan batu empedu

Penelitian di Harvard University menemukan bahwa wanita yang minum paling tidak empat cangkir kopi perharinya mampu menurunkan resiko terkena batu empedu sampai 25%. Studi sebelumya juga memperoleh hasil yang sama untuk pria.

  • Mencegah depresi

Wanita yang minum dua sampai tiga cangkir kopi perhari dapat menurunkan resiko depresi sampai 15% dan mereka yang minum 20% bisa menurunkan resiko sampai 20%.

  • Perbaikan daya ingat

Kopi dapat meningkatkan daya ingat, baik daya ingat jangka panjang maupun jangka pendek. Hal ini menurut penelitian dari  the Radiological Society of North America tahun 2005. Menariknya, penelitian pada tahun 2007 menunjukkan bahwa wanita berumur 65 tahun keatas yang minum tiga cangkir kopi perhari menunjukkan memori yang lebih baik dibanding mereka yang hanya minum satu gelas saja.

  • Menurunkan resiko diabetes

Peneliti menyimpulkan bahwa peminum kopi memiliki resiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena ikatan didalam kopi dapat memblok hIAPP, suatu ikatakn polipeptida yang menghasilkan serat protein abnormal yang biasa ditemukan pada penderita diabetes tipe 2.

  • Menurunkan resiko kanker

Konsumsi kopi dihubungkan dengan penurunan resiko kanker payudara, kanker endometrium, kanker prostat dan kanker hati.

  • Menurunkan resiko parkinson

The Journal of the American Medical Association tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein dihubungkan dengan penurunan resiko parkinson.

Sumber: livestrong