Bagaimana Membersihkan Telinga Dengan Aman?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

196

Setiap orang pasti tidak menginginkan terjadinya gangguan pendengaran, karena itu perlu tahu bagaimana cara untuk menjaga dan merawat telinga agar tetap berfungsi dengan baik. Salah satu caranya adalah membersihkan telinga agar tetap terjaga kebersihannya. Tetapi ingat, anda tentu perlu berhati-hati dalam membersihkan telinga, mengapa? Karena gendang telinga adalah organ yang rapuh sehingga gesekan sedikit saja bisa merobek atau membuatnya pecah. Jika hal ini terjadi, maka akan keluar cairan bening dan memberikan rasa sakit dengan kemungkinan terburuk yang terjadi, seperti kerusakan permanen pada pendengaran. Oleh karenanya perlu berhati-hati dalam membersihkan telinga.

Yang sering  tidak orang ketahui adalah sebenarnya tidak perlu membersihkan bagian dalam telinga.  Saluran telinga akan bersih dengan sendirinya ketika mandi. Selain itu, telinga juga menghasilkan wax yang akan berjatuhan di bagian dalam telinga ketika tidur. Intinya, tubuh bisa membersihkan telinga dengan sendiri. Jangan pernah memasukkan apapun di dalam telinga ketika anda membersihkannya! Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam membersihkan telinga, beberapa di antaranya adalah:

  1. Setiap hari membersihkan telinga

Telinga tidak perlu dibersihkan setiap hari secara teratur. Karena telinga memiliki kemampuan sendiri untuk membersihkan diri secara alami.

  1. Menggunakan cotton bud

Bentuknya yang meruncing bisa melukai kulit, gendang telinga, dan tulang kecil pendengaran. Cotton bud justru bisa membuat kotoran  semakin masuk ke dalam. Bagian yang terburuk adalah bagian kepala cotton bud bisa lepas dan tertinggal di dalam saluran telinga.

  1. Memasukkan benda tajam

Ketika merasa tidak nyaman dengan telinganya, orang akan memasukkan apa saja. Ujung kuku, jepit rambut, jarum jahit, kunci, dan lain sebagainya yang sama berbahayanya dengan cotton bud, karena bisa merusak bagian dalam dan luar telinga.

  1. Terapi lilin (Candling)

Teknik ini banyak dilakukan, yaitu dengan menempatkan lilin yang berlubang di atas telinga. Panas dari lilin itulah yang diharapkan mampu menarik wax keluar. Cara ini tentunya tidaklah benar, dimana juga sangat berbahaya bagi gendang telinga serta berisiko membakar rambut.

Cara paling aman untuk membersihkan telinga adalah dengan pembersihan alami atau berkonsultasi dengan dokter THT. Dokter akan membersihkan telinga Anda dengan teknik pembersihan yang baik dengan alat-alat yang tentunya khusus untuk membersihkan telinga. Namun, jika anda ingin membersihkan telinga di rumah, maka lakukan dan perhatikan hal-hal berikut:

  1. Hanya membersihkan bagian luar telinga. Hal ini dapat dibantu dengan menggunakan kain yang hangat dan basah
  2. Menggunakan obat tetes telinga yang dapat melunakkan wax (kotoran telinga) agar lebih mudah untuk dibersihkan.

Jadi, anda sudah paham kan? Kenapa kita perlu berhati-hati dalam membersihkan telinga. Semoga artikel ini bermanfaat yaa. Salam sehat pakdok! (LM/CM)

Referensi

  1. Here’s What You Really Need To Know About Cleaning Your Ears With Q-Tips. (2018). https://www.self.com/story/ear-wax-removal-cleaning-ears-with-q-tips
  2. How to Safely Clean Your Ears. (2018). https://www.healthline.com/health/how-to-clean-your-ears#things-to-avoid
  3. When Should You Clean Your Ears? (2018). https://betterhearingofaustin.com/ask-the-expert/when-should-you-clean-your-ears

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store