Bagaimana Meminimalkan Pori-Pori Kulit ?

132

Anda tidak dapat menghilangkan pori-pori di kulit anda, tetapi anda dapat membuatnya mengecil. Anda membutuhkan pori-pori anda. Pori-pori pada kulit anda berfungsi untuk pengeluaran minyak dan keringat keluar dari permukaan kulit. Ada banyak hal yang mempengaruhi ukuran pori-pori anda. Berikut kami coba jabarkan 6 hal yang dapat anda control untuk mengurangi ukuran pori-pori anda.

  • Memilih produk secara bijaksana

Pilihdan telitilah produk-produk untuk kecantikan dan kesehatan kulit anda lebih teliti. Zinc dan magnesium dapat membantu mengembalikan keseimbangan minyak dan membersihkan pori-pori, hal ini dapat membuta pori-pori anda tampak mengecil

Produk yang berisi zat yang menenangkan kulit, seperti rosemary dan lavender dapat meringankan iritasi dan mencegah pori-pori semakin lebar.

Pilihlah produk-produk yang mencantumkan “noncomedogenic” pada labelnya. Artinya produk ini tidak akan menyumbat pori-pori anda.

Jika didalam produk terdapat asam salisilat, maka asam salisilat dapat melembutkan tekstur kulit anda dan melepaskan sumbatan pada pori-pori karena asam salisilat bersifat ekspoliatif (mengelupaskan). Retinol atau retinoid kuat (diperlukan reserp dokter) juga dapat membantu melepaskan sumbatan pada pori-pori  dan membuatnya terlihat lebih kecil.

  • Menjaga kebersihan kulit

Rajinlah mencuci wajah anda. Denagn mencuci muka akan mencegah pori-pori semakin membesar karena menahan minyak dan makeup sepanjang hari

Lakukan exfoliasi setiap 2-3 minggu.

  • Gunakan tabir surya

Terekspos sinar matahari terlalu banyak akan membuat kulit kehilangan kelembabannya, pori-pori terlihat lebih besar. Gunakan tabir surya minimal dengan SPF 30 setiap harinya. Juga pakailah topi lebar untuk menghindari terkena isnar matahari langsung selama jam 10 pagi sampai jam 4 sore.

  • Pengobatan pada spot tertentu

Pada kulit kering pori-pori cenderung tidak terlihat, sedangkan pada kulit berminyak pori-pori terlihat lebih besar. Beberapa area di wajah anda dapat saja berminyak dan memiliki pori-pori yang sangat besar dibanding area lainnya. Jika pori-poli besar terdapat di hidung, pipi, dahi, atau daerah lainnya yang luas, cobalah lakukan spot treatment menggunakan masker lumpur di tempat-tempat tersebut. Atau anda bisa menggunakan blotting papers atau kertas penyerap minyak pada daerah muka anda yang berminyak

  • Pola makan yang benar

Makan makanan yang berminyak dan mengandung minyak tidak sehat dapat mempengaruhi wajah anda, produksi minyak muka meningkat dan menyebabkan penyumbatan di pori-pori. Jadi daripada anda memakan keripik, permen, coklat, gantilah makanan anda dengan yang lebih natural seperti buah dan sayuran dan makanan rendah lemak lainnya.

  • Jangan pernah tidur dengan memakai make-up

Jangan pergi tidur tanpa membersihkan wajah anda terlebih dahulu. Meninggalkan make-up pada wajah anda dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan membuat pori-pori semakin lebar.

Sumber :webmd