Bagaimana Mengeluarkan Serpihan Kayu atau Kaca Tanpa Rasa Sakit?

Apapun Soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi Tanpa Antri.

240

Duri yang menusuk ke dalam tangan atau kaki dapat menimbulkan rasa nyeri yang sangat mengganggu. Bekerja dengan kayu, kaca atau tanaman seperti kaktus terkadang dapat membuat kita tertusuk serpihannya. Terkadang serpihan itu masuk terlalu dalam sampai kita kesulitan mengetahui dimana posisi serpihan tersebut berada, Anda hanya akan merasakan perasaan yang mengganggu dan tidak menyenangkan, bahkan terkadang nyeri.

Menggunakan jarum atau pisau cukur untuk mengeluarkan serpihan ini tidak hanya sulit tetapi bisa menimbulkan rasa sakit. Untuk menghindari munculnya rasa sakit, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat terkena serpihan kayu atau kaca.

Baking soda

Menggunakan baking soda merupakan langkah terbaik untuk mengeluarkan serpihan. Yang harus Anda lakukan adalah dengan mencampurkan ¼ sendok baking soda dengan air dan mengaduknya sampai berbentuk pasta yang kental dan oleskan ke daerah yang terkena serpihan. Kemudian balut dan biarkan semalaman. Baking soda akan membuat kulit mendorong serpihan tersebut keluar.

Lakban

Anda bisa menggunakan lakban untuk menarik keluar serpihan yang sulit dilihat mata. Tempatkan lakban didaerah tempat serpihan tersebut masuk dan biarkan kira-kira satu jam. Kemudian secara perlahan tarik lakban tersebut dan jika serpihan tersebut belum masuk terlalu dalam maka akan ikut tertarik keluar.

Metode penghisap

Ambil botol bermulut lebar dan isi dengan air hangat sampai hampir penuh. Kemudian tekan daerah yang terkena serpihan dengan kencang berlawanan dengan mulut botol. Dengan cara ini akan terbentuk efek menghisap dan dibarengi dengan uap yang dihasilkan oleh air hangat tersebut akan menarik keluar serpihan tersebut.

Hidrogen peroksida

Mengoleskan hidrogen peroksida didaerah yang terkena seprihan akan membuat serpihan tersebut keluar dengan sendirinya. Hidrogen peroksida ini juga akan membuat luka steril.


Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok