Bagaimana Menjelaskan Perceraian Pada Anak Kita?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

421

Perceraian sangat mengguncang kehidupan anak, yang kemudian berdampak buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan si anak. Anak biasanya menjadi sulit untuk terbuka dan bergaul dengan lingkungannya. Apabila Anda sudah berpisah, ingatlah bahwa kedua orang tua harus tetap menjalankan perannya masing-masing walaupun sudah tidak hidup bersama.

Kedua orang tua harus melakukan pendekatan kepada anak untuk menjelaskan tentang pernceraian agar anak dapat menerima perceraian kedua orangtuanya. Jangan berbelit-belit ataupun berbohong saat menjelaskan perceraian Anda,  gunakan kata-kata yang sangat sederhana dan mudah dimengerti. Biarkan anak memahaminya perlahan seiring dengan pertumbuhannya. Jangan menjelekkan atau menjatuhkan pasangan anda tetapi jelaskan secara logis dan jangan membuat mental anak terpuruk.

Merawat anak sebagai orang tua tunggal akan membutuhkan effort yang besar, belum lagi jika Anda juga disibukkan oleh pekerjaan Anda. Anda mungkin hanya memiliki waktu yang sangat sedikit bersama dengan anak, tetapi jangan biarkan anak anda merasa sendiri dan merasa dia tidak memiliki siapa-siapa lagi. Anda perlu meminta bantuan kerabat dekat untuk menemani, memberi dukungan dan memberikan pengertian kepada anak tentang yang sudah terjadi. Anak terkadang akan lebih memahami jika diberikan penjelasan oleh nenek, kakek, dan kerabat yang lainya.

Tetap menjalin hubungan baik dengan mantan pasangan Anda dan memberikan kesempatan anak untuk bertemu dengan Ayah/ Ibunya adalah salah satu upaya yang perlu Anda lakukan secara kontinu agar psikologis anak Anda tetap bertumbuh dengan sehat. (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://cintalia.com/cinta/perceraian/cara-mendidik-anak-korban-perceraian
  2. https://bidanku.com/tips-hebat-bantu-anak-atasi-perceraian-orangtuanya

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store