Bagaimana Pria Menjaga Kesehatan Kulitnya?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

212

Seiring berlalunya waktu, pria sebagaimana pada wanita juga membutuhkan produk perawatan kulit yang berbeda. Dari saat mereka remaja sampai menjadi dewasa, para pria menggunakan krim cukur, tabir surya, dan berbagai produk jerawat, sebagai bagian dari regime perawatan kulit mereka. Berikut adalah beberapa perubahan yang terjadi pada kulit mereka karena faktor usia dan  produk-produk kosmetik dan berbagai rutinitas baru, yang mereka dapat mengadopsi sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari mereka untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Penampilan kulit

Matahari, polusi, jerawat, dan mungkin kebiasaan merokok dapat merusak kesehatan kulit pria. Kerusakan yang telah terjadi dan mungkin dapat diperbaiki hingga pulih kembali, namun sulit untuk benar-benar menutupi apa yang waktu telah dilakukan yaitu timbulnya keriput dan bintik-bintik matahari muncul di permukaan kulit.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki penampilan fisik dari efek penuaan dan bintik-bintik matahari:

  • Memakai sunscreen
  • Menggunakan scrub wajah
  • Menggunakan spot cream
  • Menggunakan moisturizer atau pelembab

Gunakan scrub wajah sebelum Anda mencukur setiap rambut wajah dan kemudian menggunakan tabir surya, spot cream, dan / atau pelembab. Anda bahkan mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan produk ini dan langkah-langkahnya sebagai bagian dari rutinitas malam hari Anda selain menggunakan mereka di siang hari.

Keriput kecil

Sulit untuk menghindari keriput seperti kerut di dahi, garis tawa dan garis-garis halus lainnya karena efek penuaan. Namun, banyak pria yang mampu melewati proses ini dengan baik karena produk-produk kulit yang mereka gunakan atau karena pola hidup harian mereka. Untuk memperlambat proses timbulnya kerutan-kerutan, pastikan Anda tetap menggunakan tabir surya sebagai dasar dalam penggunaan produk-produk kulit. Anda tidak harus menggunakan tabir surya setiap hari, cukup lotion pelembab wajah yang mengandung minimal SPF 15 atau lebih tinggi lagi.

Tabir Surya

Tetap ingat untuk menjauhi matahari, gunakan kacamata hitam ketika Anda beraktifitas di luar ruangan untuk menghindari Anda menyipitkan mata agar Anda dapat melihat lebih jelas ketika Anda mengendarai mobil atau sepeda. Kacamata hitam ini tidak hanya mencegah timbuknya keriput-keriput, tetapi memakai kacamata hitam juga dapat menjaga kesehatan mata Anda. Jika Anda menggunakan kacamata dengan resep, gunakan kacamata hitam diluarnya untuk mencegah ketegangan otot mata.

Air putih

Tips berikutnya adalah meminum banyak air putih. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air dan kita memerlukan air yang banyak untuk menjaga kelembaban kulit dan tetap sehat. Jika kulit Anda kering, dapat menjadi tanda penuaan dini sebagai tanda Anda semakin menua. Pastikan juga Anda tetap berolahraga untuk menjaga aliran darah yang dapat meningkatkan kolagen dan menghasilkan penampilan yang lebih muda.

Exfoliasi

Pria memiliki pori-pori yang besar dan kelenjar kulit yang aktif memproduksi minyak, sehingga penting untuk pria untuk membersihkan kulit mereka. Ada saat dimana pori-pori akan tersumbat oleh minyak dan kotoran diwajah. Jika ini terjadi tandanya Anda harus melakukan exfoliasi pada wajah Anda. Pilihlah gel pembersih wajah yang kasar untuk membuang sumbatan-sumbatan yang terjadi. Exfoliasi juga berguna untuk melembabkan wajah, membuang sel- sel mati, melembutkan folikel-folikel rambut yang berguna mendapatkan hasil bercukur yang lebih baik.

Pelembab

Pria harus menggunakan pelembab sedikit karena memiliki pori-pori kulit yang sangat besar. Sehabis bercukur kulit Anda menjadi sensitive, pelembab yang baik akan melindunginya dari sinar matahari dan mengembalikan nutrisi yang telah hilang.

Kantung mata

Kulit di sekitar mata Anda merupakan kulit yang paling tipis dibandingkan daerah lainnya. Dan dengan adanya penuaan, kulit disekitar mata semakin menipis, kapiler-kapiler darah muncul dan lemak-lemak disekitar mata menebal. Penggunaan krim, menjauhi alkohol rokok adalah solusi tepat untuk menghindari kantung mata ini.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store