Bagi Anda Yang Sering Melakukan Puasa Satu Kali Dalam Seminggu, Ini Manfaat Yang Akan Didapat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

206

Banyak orang di berbagai belahan dunia melakukan puasa sebagai bagian dari kepercayaannya, termasuk di Indonesia. Beberapa orang lagi melakukan puasa untuk alasan diet dan kesehatan. Kesadaran akan pentingnya berat badan ideal membuat orang-orang mencari tahu berbagai macam cara menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan. Tidak peduli apa alasannya, puasa memang membawa manfaat baik untuk kesehatan. Puasa sering dihubungkan dengan proses detoksifikasi, membakar lemak dan lain sebagainya.

Puasa telah dikenal dan dilakukan sejak dahulu kala. Puasa juga diketahui dapat mengobati berbagai macam kondisi kesehatan. Puasa juga dapat dengan mudah dan mendatangkan banyak manfaat seperti meningkatkan imunitas tubuh dan memperkuat kebiasaan makan. Puasa juga membawa perubahan secara fisiologi tubuh yang tidak bisa Anda dapatkan hanya dengan perubahan diet atau dengan olahraga.
Hampir semua orang dapat melakukan puasa. Tetapi harus diingat ada beberapa kategori orang yang tidak dapat melakukannya, misalnya dalam kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan.

Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan puasa satu kali dalam seminggu, yaitu:

Detoksifikasi tubuh
Satiap kali Anda berpuasa, tubuh Anda membuang toksin-toksin yang ada didalam tubuh dan menghasilkan tubuh yang lebih sehat. selain itu dengan berpuasa Anda dapat memperbaiki proses pencernaan Anda.

Memecah lemak
Saat Anda berpuasa, tubuh Anda tetap membutuhkan energi, daripada tubuh mendapatkan energi? Tubuh mendapatkan energi dari glukosa yang sudah ada didalam tubuh, kemudian tubuh akan membakar lemak juga untuk mencukupi kebutuhan energi. Begitulah cara menurunkan berat badan dengan puasa.

Memperkuat imunitas tubuh
Salah satu keuntungan berpuasa satu kali dalam seminggu adalah memperkuat sistem imunitas tubuh. Dengan berbuka puasa dengan buah-buahan yang kaya mineral dan vitamin akan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Mengontrol gula darah
Seperti yang disebutkan diatas, dengan berpuasa tubuh akan memecah glukosa didalam darah untuk digunakan sebagai energi. Sebagai hasilnya jumlah insulin yang dihasilkan tubuh juga semakin berkurang. Hal ini akan membantu tubuh menurunkan kadar gula darah.

Menurunkan tekanan darah
Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, puasa akan membantu Anda mengontrolnya. Saat berpuasa tubuh akan menurunkan produksi hormon seperti adrenalin yang menyebabkan tekanan darah naik.

Menenangkan saluran pencernaan
Saat Anda berpuasa, organ-organ yang bertanggung jawab dalam proses pencernaan dapat beristirahat dan bekerja lebih lambat karena hanya nekerja untuk memproses cairan tubuh.

Memperbaiki pola makan
Dengan berpuasa secara teratur, akan mengontrol kebiasaan makan Anda. Ikuti proses puasa Anda dengan pola makan yang sehat

Begitu banyak manfaat yang di dapatkan, agar manfaat puasa bisa Anda dapatkan perhatikan makanan yang dimakan saat sahur dan berbuka puasa.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOSĀ App Store