Bahaya Benturan Keras Pada Dada

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

9

Definisi Trauma Dada

Trauma dada adalah cedera pada dinding dada baik akibat benda tajam ataupun benda tumpul.

 

Tipe Trauma dan Luka pada Dada

Trauma dada terbagi atas trauma tajam dan tumpul. Jika cedera itu menembus kulit (sepeti menusuk, luka tembak, dan panah menembus jantung) maka disebut trauma tajam. Jika benda yang merobek jauh ke dalam kulit dan otot, tapi bukanlah penyebab utama kerusakan jaringan, maka disebut trauma dada tumpul. Contoh lain dari trauma dada tumpul yaitu kecelakaan mobil dan jatuh.

 

Trauma pada dinding dada dapat menyebabkan:

  1. Patah tulang rusuk. Patah tulang rusuk dapat terjadi sebagian pada satu tulang rusuk dan dapat terjadi pada beberapa tulang rusuk secara langsung.
  2. Darah pada bawah kulit, rongga dada, ataupun paru-paru.
  3. Celah antara rongga dada dan paru-paru terisi udara. Hal tersebut mengakibatkan paru-paru terdesak.
  4. Sesak napas

 

Gejala Trauma Dada

  1. Kesulitan bernapas, kegagalan dada untuk berekspansi secara normal, suara berderak di tulang rusuk, memar, dan batuk darah menunjukkan cedera dada.
  2. Satu segmen dinding dada mungkin tidak bergerak dengan bernapas atau bergerak berlawanan dengan sisa dinding dada.
  3. Nyeri yang amat sangat, terutama pada bagian tulang rusuk yang patah. Nyeri bertambah parah bila digunakan bernapas, batuk, ataupun mengejan, sehingga penderitanya akan menahan napas, menahan batuk, dan menghindari mengejan yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

 

Pengobatan Trauma Dada

Berikut beberapa pengobatan trauma dada:

  1. Hubungi tenaga medis terdekat.
  • Bantuan medis darurat sangat penting untuk luka serius di dada.
  • Bahkan jika tidak ada luka luar, mungkin ada kerusakan pada bagian dalam.
  1. Suatu benda yang tertinggal dalam cedera dada tidak boleh dilepas. Misalnya bila terdapat benda tajam yang menusuk dinding dada, maka bawa penderita ke rumah sakit tanpa melepas benda tajam tersebut. Mengapa? Benda yang menancap menahan terjadinya perdarahan, bila dicabut perdarahan dapat terjadi dan menyebabkan kematian mendadak. Selain itu, benda tajam yang dicabut dapat menyebabkan rongga dada terhubung langsung dengan udara yang dapat menyebabkan paru-paru terdesak oleh udara. Benda tajam harus dicabut oleh tenaga medis dengan persiapan medis yang baik.
  2. Orang yang terluka harus diposisikan dengan sisi yang terluka di bagian
  3. Orang yang terluka harus diberi oksigen murni untuk bernafas.
  4. Hati-hati dalam memindahkan kepala dan leher seseorang dengan cedera dada, karena bisa saja terdapat cedera pada kepala dan leher orang tersebut. Memindahkan secara sembarangan dapat memperparah cedera.
  5. Hentikan pendarahan jika mungkin dengan menekan daerah perdarahan dengan kain.
  6. Saat tim medis telah hadir:
  • Tim medis akan menilai cedera dan menstabilkan orang yang mengalami cedera
  • Transfusi darah mungkin diperlukan jika ada kehilangan darah yang signifikan.
  • Sebuah tabung dada mungkin diperlukan untuk mengeluarkan udara, cairan, ataupun darah dari celah antara dinding dada dan paru-paru.
  • Pembedahan kemungkinan untuk cedera dada yang serius. (LM/STE)

 

Referensi

Chest Injuries & Trauma: Symptoms, Treatment & Management. (2018). Retrieved from https://www.emedicinehealth.com/wilderness_chest_injuries/article_em.ht m#when_to_seek_medical_care_for_chest_injuries

Cold, F., Health, E., Disease, H., Disease, L., Management, P., & Conditions, S. et al. (2018). Chest Injury Treatment. Retrieved from https://www.webmd.com/first-aid/chest-injury-treatment

What Types of Chest Injuries Could Kill You?. (2018). Retrieved from https://www. verywellhealth.com/chest-trauma-3913241


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store