Bahaya Berhubungan Intim Saat Menstruasi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

37

Seks menjadi aktivitas yang paling menyenangkan bagi banyak orang. Tak hanya nikmat, seks juga menyehatkan tubuh. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa melakukan hubungan seks sesuka hati. Ada juga waktu terlarang dalam berhubungan seks, seperti saat pasangan sedang menstruasi. Menurut pakar seks dan terapis, Laura Berman, PhD, melakukan hubungan seks saat sedang haid bisa merugikan kesehatan, baik wanita maupun pria.

  1. Risiko infeksi

Berisiko lebih tinggi terkena penyakit menular seksual
dibandingkan melakukan hubungan seks di luar masa menstruasi. Saat menstruasi, kondisi leher rahim akan terbuka, sehingga memungkinkan darah untuk masuk ke dalamnya. Hal tersebut memudahkan bakteri untuk menuju rongga panggul. kibat berhubungan intim saat haid pada pria berisiko tertular hepatitis dan HIV.

Selain infeksi menular seksual, Profesor Ali menyebutkan dampak lain dari berhubungan intim saat haid berupa kemungkinan besar akan menyebabkan infeksi lain. Hal ini disebabkan oleh kondisi wanita yang sedang mengalami penurunan kadar hormon estrogen saat haid yang berarti produksi cairan lubrikasi pada organ vitalnya juga akan semakin berkurang. Ini akan membuat organ vital wanita sangat rentan mengalami luka saat berhubungan intim, yang bisa menjadi jalan bagi bakteri untuk memicu datangnya infeksi.

  1. Berisiko endometriosis

Kondisi ini disebabkan oleh seks yang membuat darah kotor kembali ke rahim atau bahkan mengarah ke berbagai organ dalam. Darah kotor yang lengket tersebut bisa memicu perkembangan jaringan baru yang akhirnya menjadi cikal bakal endometriosis yang memicu rasa nyeri luar biasa saat menstruasi atau berhubungan intim bagi wanita. Yang menjadi masalah adalah, endometriosis juga bisa memicu munculnya kista yang bisa membuat wanita susah memiliki keturunan.

  1. Memacu terjadinya infeksi jamur pada vagina

Vagina memiliki kadar potential Hydrogen (pH) 3,8 hingga 4,5 setiap bulan. Namun selama menstruasi, kadar pH tersebut meningkat karena tingkat pH darahnya menjadi lebih tinggi, dan hal ini menyebabkan ragi atau jamur menjadi tumbuh lebih cepat. Gejala infeksi jamur vagina lebih cenderung terjadi seminggu sebelum menstruasi, dan berhubungan seksual saat itu dapat memperburuk gejala yang ada.

  1. Sudden Death

Bahaya berhubungan saat haid bagi pria, gerakan penis saat berhubungan seks juga dapat menyebabkan gelembung udara ke pembuluh darah yang terbuka. Bila gelembung udara atau emboli masuk ke dalam pembuluh darah maka bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah dan mengakibatkan kematian mendadak.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Sexual Medicine menyebutkan bahwa waktu yang paling ideal bagi pasangan untuk berhubungan intim adalah sekitar 14 hari setelah siklus awal dari menstruasi. Pada waktu ini, klitoris wanita akan cenderung membesar hingga 20 persen dan lebih peka pada rangsangan. Bagi wanita, hal ini akan membuat mereka lebih mudah untuk mendapatkan orgasme sekaligus meminimalisir datangnya risiko terkena berbagai masalah kesehatan. Jadi sebaiknya melakukan hubungan intim setelah mentruasi berakhir agar dapat terhindar dari berbagai macam bahaya seperti diatas. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://doktersehat.com/seks-saat-haid-membahayakan-pria-dan-wanita/

https://kumparan.com/1hourmusic/mengapa-saat-haid-tidak-boleh-berhubungan-intim-ini-penjelasan-dokter


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store