BAHAYA GAYA HIDUP TIDAK SEHAT

32

Gaya hidup yang tidak sehat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan dan dapat meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit, termasuk penyakit degeneratif. Gaya hidup sehat perlu diterapkan sedini mungkin untuk menghindari penyakit tersebut. Penyakit degeneratif umumnya diakibatkan oleh penurunan kinerja secara bertahap pada sel-sel tubuh yang kemudian berdampak kepada fungsi organ secara umum. Sebagian besar penyakit degeneratif muncul akibat pertambahan usia, bukan akibat virus atau bakteri. Gaya hidup yang tidak sehat juga turut berperan dalam meningkatkan risiko terjadinya penyakit-penyakit degeneratif.

Faktor gaya hidup yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit degeneratif tergolong beragam. Gemar konsumsi makanan tidak sehat, malas bergerak atau berolahraga, dan memiliki kebiasaan yang mengganggu kesehatan lebih berisiko untuk terkena penyakit degeneratif. Kebiasaan-kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan antara lain adalah kebiasaan merokok dan kebiasaan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

Penyakit Degeneratif yang Sering Terjadi

Sebagian penyakit degeneratif dipicu oleh kebiasaan buruk sehari-hari yang kemudian menyebabkan gangguan pada organ tertentu. Brikut contoh beberapa penyakit degeneratif yang sering terjadi, yaitu:

  • Diabetes tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 ini umumnya juga dipengaruhi oleh faktor genetik, sehingga anak dari orang tua penderita diabetes tipe 2 perlu memeriksakan diri dan lebih menjaga gaya hidupnya, terutama pola makan. Selain faktor keturunan dan pertambahan usia, risiko diabetes tipe 2 juga dapat meningkat pada orang dengan kondisi tertentu, misalnya orang yang tidak bergerak aktif, kelebihan berat badan, atau terbiasa mengonsumsi makanan kaya lemak dan karbohidrat. Pola hidup seperti ini memicu gangguan pada sistem pengaturan kadar gula darah dalam tubuh.

  • Penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular pada umumnya disebabkan oleh adanya penumpukan plak lemak pada pembuluh darah menuju jantung yang disebut aterosklerosis. Penumpukan ini kemudian dapat menghambat aliran darah menuju jaringan dan organ tubuh. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh berbagai kebiasaan buruk, seperti kurang olahraga, pola makan tidak sehat, stres, serta merokok.

  • Osteoporosis
    Selain kekurangan vitamin D yang menyebabkan kerapuhan tulang, osteoporosis lebih rentan terjadi pada orang yang mengalami kelumpuhan atau pada orang yang kurang bergerak aktif setiap hari. Duduk sepanjang hari dapat mempercepat penurunan kualitas kepadatan tulang. Dalam jangka panjang, kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga turut berperan dalam berkurangnya kepadatan tulang.
  • Penyakit kanker

Kanker umumnya disebabkan oleh adanya mutasi atau perubahan tidak normal pada DNA di dalam sel-sel tubuh. Mutasi gen ini bisa diturunkan dari DNA orangtua atau bisa timbul di kemudian hari. Terdapat banyak hal yang dapat memicu mutasi gen, diantaranya yaitu gaya hidup yang buruk seperti kebiasaan merokok, obesitas, kurang olahraga, serta konsumsi makanan yang mengandung zat karsinogenik (bahan kimia pemicu kanker).

Risiko penyakit degeneratif sebenarnya dapat dicegah sejak usia dini dengan menjalani gaya hidup sehat. Tidak hanya berpengaruh pada kondisi fisik, cara hidup sehat yang dilakukan dengan tepat dapat mendukung kesehatan mental. Cara hidup sehat sudah sepatutnya dijalani sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari, yang dibiasakan sejak dini. (PK/STE)

Referensi:

U.S. Department of Health and Human Services. National Institutes of Health. Degenerative Disease. 

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. 2015

World Health Organization. Healthy diet. 2018