Bahaya Mengkonsumsi Makanan Instan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

409

Anda pernah menjadi anak kost? Pasti makanan yang satu ini merupakan makanan favorit Anda. Apalagi kalau bukan makanan instan. Anak kost yang sebagian besar adalah mahasiswa yang super sibuk dengan beribu aktivitas sehingga sering mengeluh tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan apalagi memasak. Jadi, solusi tercepat adalah makan makanan instan. Tak perlu repot, 5 menit langsung bisa disantap dengan rasa dan aroma yang menggoda selera makan. Namun, pernahkan anda menyadari bahwa sering mengkonsumsi makanan instan tidak baik untuk kesehatan? Ingat, makanan instan bukan hanya mie instan, tetapi bisa berupa kue kering, nugget, sosis, aneka macam biskuit, abon sapi, dan lain-lain.

Bahaya makanan instan berasal dari dampak buruk yang dihasilkan oleh makanan yang dikemas dalam bentuk plastik, kaleng, atau pembungkus jenis lain. Makanan instan juga mengandung bahan pengawet dan bahan tambahan lainnya yang bersifat adiktif dan karsinogenik. Apalagi bahaya kesehatan yang mungkin timbul akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan instan?

  1. Peningkatan risiko penyakit diabetes (DM Tipe 2)

Hal ini karena bahan makanan instan rata-rata berkalori tinggi tanpa banyak nutrisi.

  1. Obesitas (kegemukan)

Tentu saja dengan kandungan kalori yang tinggi makanan instan akan membuat penumpukan lemak dalam tubuh. Dan ingat obesitas meningkatkan risiko penyakit diabetes, penyakit jantung dan stroke.

  1. Kolesterol meningkat

Makanan cepat saji mengandung lemak trans dan garam yang tinggi serta kandungan gizi yang rendah, terlalu banyak garam atau sodium akan berimplikasi terhadap risiko tekanan darah tinggi, stroke dan kesehatan ginjal.

  1. Gangguan usus

Zat kimia yang ada pada makanan instan berbahan dasar karbohidrat yang dapat menekan dan melukai dinding usus. Bahan pengawetnya bersifat adiktif yang berbahaya jika melekat pada usus karena menyebabkan usus luka.

Jika Anda terpaksa mengkonsumsi makanan instan, bacalah terlebih dahulu informasi nutrisi pada kemasan makanan tersebut untuk mengetahui kadar lemak, garam dan kalori dari makana tersebut. Tetapi, sesibuk apapun Anda, sempatkan untuk memasak dan makan bersama keluarga di rumah, karena makanan yang diolah sendiri di rumah memiliki nutrisi yang baik dan jauh dari bahan-bahan yang dapat merusak tubuh. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Turangan L. Bahayanya Makanan Instan dan Cepat Saji Bagi Kesehatan. https://lifestyle.kompas.com/read/2016/03/22/071500923/Bahayanya.Makanan.Instan.dan.Cepat.Saji.bagi.Kesehatan
  2. 10 Bahaya Makanan Instan Bagi Kesehatan Tubuh. https://halosehat.com/makanan/makanan-berbahaya/bahaya-makanan-instan

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store