Bahaya Merokok terhadap Kesehatan Tubuh Anda

#PribadiRahasia Konsul Dokter Lewat Aplikasi

441

Bahaya dan larangan merokok pasti sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga anda, namun pada kenyataannya masih banyak orang yang mengisap rokok dan baru merasakan akibatnya dikemudian hari.

Tahukah anda, ketika rokok dinyalakan, tembakau terbakar dan mengeluarkan asap. Telah diidentifikasi bahwa dalam asap rokok terdapat lebih dari 4800 bahan kimia, yang diantaranya diketahui sangat berbahaya bagi kesehatan. Beberapa bahan paling berbahaya yang terkandung pada rokok yaitu :

  • Karbon monoksisa

Merupakan gas yang identik dengan gas yang dikeluarkan dari knalpot mobil. Karbon monoksida (CO) merupakan gas beracun yang memiliki ikatan yang kuat dengan haemoglobin akibatnya fungsi haemoglobin sebagai pengangkut oksigen berkurang. Zat ini cenderung membuat anda mudah sesak dan cepat lelah.

  • Tar

Merupakan zat kimia pada rokok yang berupa cairan kental berwarna coklat tua atau hitam, lengket dan mudah mengendap dan menempel pada paru-paru. Tar yang dihasilkan asap rokok akan menimbulkan iritasi pada saluran napas, dan termasuk sebagai bahan kimia karsinogen yang dapat memicu perkembangan sel kanker di tubuh.

  • Nikotin

Merupakan suatu zat yang memiliki efek adiktif dan psikoaktif sehingga perokok akan merasakan kenikmatan, kecemasan berkurang, dan ketergantung berkepanjangan. Nikotin dalam rokok dapat meningkatkan adrenalin yang membuat jantung berdebar lebih cepat dan bekerja lebih keras, frekuensi jantung meningkat yang pada akhirnya dapat meningkatkan tekanan darah.

Rokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif tapi juga berbahaya bagi perokok pasif. Bagi perokok aktif dapat meningkatkan resiko 2 kali lebih besar untuk mengalami serangan jantung, 2 kali lebih besar mengalami stroke, dan dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah, selain itu perokok lebih beresiko untuk menderita penyakit infeksi paru. Bagi perokok pasif, juga dapat menyebabkan kerusakan paru-paru. Anak-anak yang orang tuanya merokok akan lebih beresiko mengalami batuk, pilek dan radang tenggorokan serta penyakit paru. Wanita hamil yang merokok beresiko melahirkan bayi yang kurus, cacat, bahkan dapat menyebabkan kematian janin dalam rahim.

Banyaknya bahan kimia yang terkandung dalam rokok tentu juga dapat menggambarkan seberapa banyak dan parah penyakit yang ditimbulkan. Beberapa penyakit yag diakibatkan oleh rokok yaitu :

  1. Gangguan paru-paru

Organ tubuh yang pertama kali rusak akibat asap rokok adalah paru-paru. Asap rokok yang terhirup akan memperlambat gerakan silia udan setelah jangka waktu tertentu akan merusaknya sama sekali. Keadaan ini yang menyebabkan perokok lebih banyak batuk dan mengeluarkan lendirnya. Sistem kerja paru yang tidak lagi baik akhirnya meningkatkan resiko peradangan pada paru-paru yang biasa dikenal dengan penyakit bronchitis, pneumonia dan lain sebagainya. Selain itu bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel-sel paru, yang lama kelamaan akan berubah menjadi sel kanker.

  1. Gangguan jantung dan pembuluh darah

Merokok terbukti merupakan faktor resiko terbesar untuk mati mendadak. Resiko terjadinya penyakit jantung koroner meningkat 2-4 kali pada perokok dibandingkan dengan yang bukan perokok. Resiko ini meningkat dengan bertambahnya usia dan jumlah rokok yang dihisap. Zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok dapat mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, meningkatkan kadar koleseterol dalam darah yang berakibat pada peningkatan resiko terjadinya penyakit jantung koroner. Merokok juga dapat mengakibatkan penggumpalan dan pengapuran dinding pembuluh darah, sehingga dapat merusak pembuluh darah tepi.

  1. Stroke

Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok lama kelamaan bisa menyebabkan melemahnya pembuluh darah, termasuk pembuluh darah diotak. Merokok juga dapat meningkatkan resiko mengalami aneurisma otak. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah diotak. Sewaktu-waktu bisa pecah dan mengakibatkan perdarahan diotak.

  1. Impotensi

Impotensi merupakan kegagalan atau disfungsi alat kelamin laki-laki secara berulang. Ciri utamanya adalah kegagalan mempertahankan ereksi atau berhasil ereksi tetapi “kurang keras”. Rokok merupakan salah satu penyumbang penting terjadinya impotensi. Para ahli mengaitkan terjadinya impotensi dengan peran rokok yang merusak pembuluh darah dan jaringan syaraf. Dan karena seks yang sehat memerlukan kerja sama seluruh komponen tubuh, maka adanya gangguan pada komponen vital menyebabkan gangguan dan bahkan kegagalan seks seperti halnya yang terjadi pada impotensi.

  1. Gangguan lambung

Merokok bisa melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan anda. Hal tersebut memungkinkan asam dari lambung bergerak kearah yang salah, yaitu naik ke kerongkongan. Kondisi tersebut dinamakan dengan penyakit GERD. Beberapa resiko penyakit lambung lainnya yang dpaat terjadi pada seorang perokok adalah ulkus atau tukak lambung.

  1. Gangguan psikologis

Selain penyakit fisik, perokok juga mudah mengalami stress yang tinggi, terutama apabila terjadi gejala putus obat terhadap nikotin. Seperti yang kita ketahui, salah satu zat kimia yang terkandung dalam rokok adalah nikotin, yang memiliki efek jangka panjang berupa ketergantungan terhadap zat tersebut.

Walaupun tidak semua penyakit diatas penyebab utamanya adalah rokok, namun merokok dapat menjadi faktor yang memperberat penyakit yang anda alami. Merokok juga dapat mengurangi kualitas hidup anda. Mari wujudkan lingkungan bebas asap rokok untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Ikuti Talk Show Radio Pakdok, di Radio SRH 99,9 & 97,2 MHz Gorontalo Sabtu 10 Maret 2018, 16.00-17.00 WITA, Tema: “Bahaya Merokok”


Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok