BAHAYA MEWARNAI RAMBUT

21

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Rambut adalah asset berharga yang merupakan bagian dari standard kecantikan wanita masa kini. Memiliki rambut yang indah dan sehat merupakan idaman semua wanita. Namun dengan berbagai tuntutan standard kecantikan saat ini, para wanita sering dituntut unutuk memiliki “look” yang variatif. Karena itu para wanita saat ini sering untuk berganti-ganti warna rambut. Sebagian malah melakukannya sendiri di rumah dengan produk yang dibeli sendiri tanpa pengawasan dokter, atau tenaga professional terakait. Amankah mewarnai rambut? Dan produk pewarna rambut macam apa yang harus kita pilih?

Saat pertama kali muncul di pasaran, pewarna rambut menyebabkan reaksi alergi yang hebat pada sebagian orang. Reaksi alergi yang hebat ini muncul akibat bahan utamanya yang dibuat dari batubara dan tar. Akibat adanya laporan mengenai reaksi alergi yang hebat ini kemudian produk pewarna rambut yang mengandung batu bara dan tar ditarik dari pasaran. Kemudian pewarna rambut banyak dibuat dari bahan petroleum. Bahan ini diyakini lebih aman dari yang mengandung batu bara dan tar. Walupun begitu sebagain ahli masih meyakini bahwa pewarna yang dibuat dari petroleum ini tetap dapat menyebabkan reaksi alergi.

Beberapa studi melaporkan kaitan pewarna rambut dengan munculnya kanker. Namun hal ini tidak ditemukan pada sebagain lain. Hubungan kanker dengan pewarnaan rambut tidak konsisten dan muncul dengan berbagai hasil yang variatif. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua pewarna rambut diteliti melalui berbagai studi ini. Beberapa pewarna rambut juga tidak dites dengan standard yang sama sebelum dilempar ke pasaran. Untuk menghindari efek penyebab kanker dari pewarna rambut, para ahli merekomendasikan untuk menggunakan pewarna rambut sesedikit mungkin dan gunakan sejarang mungkin.

Walau ada berbagai bahaya yang dapat mengancam bagi pengguna pewarna rambut, ada beberapa cara aman yang dapat digunakan untuk mengurangi efeknya. Cara tersebut ialah:

  • Jangan biarkan pewarna rambut menempel pada rambut lebih lama dari seharusnya
  • Segera setelah selesai mewarnai rambut, segera bilas dengan air
  • Jangan mencampur pewarna rambut dari jenis dan merk yang berbeda
  • Gunakan sarung tangan saat memakai pewarna rambut
  • Ikuti petunjuk pada pewarna rambut dengan hati-hati
  • Selalu lakukan tes alergi pada pewarna rambut. Jika anda mewarnai rambut sendiri atau pergi ke salon, pastikan prosedur ini dilakukan sebelum anda mewarnai rambut. Caranya, letakkan sedikit pewarna rambut di belakang telinga, dan jangan dicuci selama dua hari. Jika tidak ada kemerahan, gatal, atau panas di belakang telinga maka pewarna rambut dapat digunakan.
  • Jangan pernah mewarnai alis dan bulu mata. Reaksi alergi yang muncul di kedua tempat ini dapat merusak mata. Jika pewarna rambut jatuh ke mata, hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan mata yang permanen.(RPG)

Sumber

WEBMD. 2019. WebMD. [online]. [Accessed 19 June 2019]. Available from World Wide Web: <https://www.webmd.com/beauty/hair-dye-faqs#1>