Bahaya Minuman Bersoda Untuk Tubuh Anda

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

170

Anda gemar minum minuman bersoda? Minuman bersoda digemari banyak orang karena sensasi yang menyegarkan setelah meminumnya terutama jika diminum dalam keadaan dingin. Namun, tahukan Anda jika minuman bersoda tersebut ternyata berbahaya? Berikut beberapa dugaan gangguan kesehatan yang dapat diakibatkan oleh minuman bersoda.

  1. Bahaya untuk ginjal

Menurut para ahli hal ini terkait dengan kandungan minuman bersoda, yakni pemanis buatan, pewarna buatan, kafein dan asam fosfat.

  1. Meningkatkan risiko diabetes

Minuman bersoda berpotensi menyebabkan diabetes, stroke, dan kerusakan jantung koroner .

  1. Meningkatkan risiko tulang rapuh

Salah satu kandungan minuman bersoda adalah fosfat. Dalam suatu penelitian, fosfat bisa menyebabkan tulang menjadi rapuh dan keropos. Hal ini terjadi karena fosfat bisa melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang.

  1. Meningkatkan kerusakan pada gigi

Sebuah penelitian menyatakan bahwa responden mengalami kerusakan gigi akibat mengkonsumsi minuman bersoda.  Umumnya minuman bersoda mengandung gula dalam kadar tinggi, antara lain glukosa, sukrosa, dan frutosa. Efek samping ketiga unsur tersebut berisiko meningkatkan kemungkinan karies gigi. Selain itu, sebagian minuman ini mengandung asam yang berisiko menyebabkan kerusakan enamel. Menyikat gigi secara teratur dan memakai sedotan saat meminum minuman bersoda dapat mengurangi risiko ini.

Jadi, mulailah hidup sehat Anda hari ini dengan mengganti atau membatasi kebiasaan konsumsi minuman bersoda. Konsumsilah cairan yang memberikan manfaat bagi tubuh kita seperti air putih, susu sapi, susu kedelai, teh hijau dan lain-lain. (EDA/CM)

Sumber :

  • Fitriati N, Trisnawaty E, Hernawan AD. 2017. Perilaku Konsumsi Minuman Ringan (Soft Drink) dan PH Saliva dengan Kejadian Karies Gigi. Unnes Journal of Public Health 6 (2). Pontianak, Indonesia.
  • Bray GA. 2010. Soft Drink Consumption and Obesity: It Is All About Fructose. Wolters Kluwer Health. Lousiana USA.
  • Hector D, et al. 2009. Soft Drinks, Weight Status and Health: A Review. NSW Centre for Public Health Nutrition. The University of Sidney, Australia.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store