Bahayakah Operasi Plastik?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

309

 “Hey, wajah kamu kok beda ya sekarang, lebih tirus. Hidung kamu lebih mancung, kamu habis operasi plastik ya?”

Operasi plastik? Istilah ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Infotainment sering memuat berita tentang artis yang dikabarkan telah melakukan operasi plastik agar tampil lebih cantik. Sebenarnya operasi plastik adalah sebuah bagian prosedur dari ilmu kedokteran bedah. Kata “plastik” dalam “operasi palstik” berasal dari bahasa Yunani “plastikos” yang artinya membentuk. Operasi plastik adalah sebuah tindakan kedokteran yang menitikberatkan pada rekonstruksi atau perbaikan cacat dan kekurangan fungsional pada fisik pasien yang dikarenakan oleh penyakit, cedera, penyakit bawaan dan pembedahan yang pernah dijalani.

 

Namun yang menjadi trend saat ini adalah operasi plastik dengan tujukan kecantikan atau estetika. Bedah estetika ditujukan pada pasien-pasien normal dan sehat yang merasa bentuk tubuh yang dimiliki kurang baik atau harmonis, misalnya mempunyai hidung yang kurang mancung, ingin melebarkan kelopak mata, memperbesar/memperkecil payudara, memperbesar/memperkecil pnatat, membuang lemak di perut dan sebagainya. Beberapa alasan yang sering dikemukakan sebagai salah satu pertimbangan melakukan operasi plastik adalah :

 

  1. Rekonstruksi anatomi

Rekonstruksi memang perlu dilakukan untuk beberapa kondisi kecacatan yang timbul akibat trauma atau bawaan sejak lahir, misalnya untuk penderita CLP atau bibir sumbing, pasien yang lahir dengan jari berjumlah lebih dari lima, atau luka parut akibat kebakaran atau kecelakaan.

  1. Mengatasi masalah kesehatan

Operasi plastik juga dapat sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan yang dapat mengganggu penampilan mereka. Misalnya seseorang dengan memiliki payudara yang terlalu besar yang sering mengalami nyeri punggung yang luar biasa, sehingga dilakukan operasi plastik pengurangan payudara yang dapat mengatasi masalah kesehatan dan penampilannya.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Trend operasi plastik wanita-wanita di kota besar untuk tujuan estetika atau kecantikan bukanlah sesutau yang tabu dan menakutkan lagi. Bedah plastik seolah menjadi solusi instan untuk penampilan yang lebih sempurna dan untuk menunjang karir seseorang yang mengharuskan penampilannya menjadi sorotan utama, sehingga menjadi salah satu pilihan kaum selebritis dalam menjalankan karirnya.

Sebelum mengambil keputusan untuk melakukan operasi plastik, pastikan Anda sudah berpikir dengan bijak apakah Anda benar-benar membutuhkan perubahan ini. Ingatlah, perubahan yang dihasilkan dari oprasi plastik biasanya dramatis dan permanen, pahamilah dengan jelas terlebih dahulu mengenai masalah Anda sebelum Anda memilih bedah plastik sebagai solusinya. Apapun bentuk wajah dan tubuh Anda adalah pemberian Yang Maha Kuasa, dan hal yang terpenting bukanlah sekedar apa yang tampak di luar tetapi kecantikan batiniah kita. (EDA/CM)

 

Sumber:

  1. Aniko G. 5 Alasan Banyak Orang Melakukan Operasi Plastik. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/alasan-operasi-plastik/
  2. Apa Itu Operasi Plastik : Gambaran umum. https://docdoc.com/id/info/specialty/bedah-plastik/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store