BAHAYA PENGGUNAAN PASTA GIGI PADA LUKA BAKAR

59

Luka bakar merupakan luka yang sering terjadi pada masyarakat. Luka bakar tidak selalu terjadi akibat terkena api, namun juga dapat terkena air panas atau minyak. Sudah  menjadi tradisi di masyarakat jika seseorang terkena luka bakar, maka banyak orang yang akan langsung memberikan pasta gigi di bagian yang terkena luka bakar tersebut. Alih-alih menghilangkan rasa panas akibat efek dingin yang dapat ditimbulkan. Pemberian pasta gigi ini justru akan semakin memperparah luka bakar yang terjadi.

Banyak orang yang percaya bahwa pasta gigi dapat mengurangi luka bakar karena efek dingin dari pasta gigi. Sayangnya, bukannya membantu penyembuhan, yang terjadi justru kondisi luka menjadi lebih buruk. Sifat pasta gigi yang cenderung lengket akan membuat bakteri justru berkembang dengan lebih banyak dan penyembuhan luka bakarpun akan semakin sulit untuk dilakukan.

Kandungan mentol, pemutih, perasa, dan zat-zat kimia lainnya pada pasta gigi dapat menyebabkan radang semakin berkembang. Kandungan tersebut juga dapat mengakibatkan penyembuhan yang tidak sempurna pada luka yang terjadi. Hal ini terjadi karena pasta gigi menyebabkan terhalangnya bagian kulit yang terbakar dengan udara luar, sehingga tidak terjadi pelepasan udara di bawah kulit dengan udara di luar. Akibat hal tersebut, suhu di bawah kulit tetap panas, dan proses perlukaan akibat panas yang tidak keluar akan terus-menerus berlangsung, dan pada akhirnya cedera luka bakar akan semakin meluas dan berat.

Bila pasta gigi diberikan tanpa kondisi yang bersih, pasta gigi ini berpotensi menjadi sarana pertumbuhan dan media kuman. Bila tidak dibersihkan, kuman dapat menyebabkan infeksi dan luka akan menjadi semakin parah.

Nah jika Anda mengalami luka bakar, Anda sebaiknya mencari air yang mengalir. Selanjutnya letakkan bagian tubuh yang terdapat luka bakar di bawah air mengalir selama 15 menit. Tujuan dari hal tersebut adalah mendinginkan suhu di sekitar luka. Akibatnya, proses perusakan lebih lanjut akibat panas tidak akan meluas dan dapat berhenti. Rasa dingin dari air ini juga dapat mengurangi nyeri akibat panas. Hindari mengompres luka bakar dengan es batu, karena suhu yang sangat dingin dari es batu (0 sampai – 4 derajat celcius) dapat membuat pembuluh darah mengecil. Akibarnya, aliran darah pun akan berkurang bahkan terhenti, sehingga luka jadi makin susah sembuh.

Tidak semua luka bakar dapat diobati sendiri. Luka bakar yang berukuran kecil dan tidak terlalu dalam dapat sembuh dengan sendirinya dengan meninggalkan bekas atau tidak meninggalkan bekas sama sekali. Sedangkan, jika luka bakar cukup luas dan parah, sebaiknya segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Ingat, ya, jangan pernah mengoleskan pasta gigi atau bahan berbahaya lainnya ke luka bakar! Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2922468/ini-akibatnya-jika-luka-bakar-dikasih-pasta-gigi