Bahaya Penggunaan Steroid Untuk Pembentukan Otot

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

131

Memiliki tubuh berotot bisa memunculkan rasa bangga dan percaya diri, terutama bagi kaum pria yang ingin terlihat maco dan kekar didepan wanita. Tapi seringkali orang ingin cepat-cepat mendapatkan hasil yang diinginkan secara instan. Tidak jarang sebagian orang memilih menggunakan steroid untuk mempercepat pembangunan masa otot yang dia inginkan, sehingga tidak perlu bersusah payah dalam membentuk masa otot harapan.

Steroid yang sering digunakan untuk membesarkan otot adalah steroid anabolic. Steroid ini merupakan bahan sintesis yang mirip dengan hormone seks pada pria (hormon testosterone). Oleh karena itu, penggunaan steroid ini bisa menyebabkan ciri dan karakteristik pria muncul seperti tumbuh janggut dan kumis, serta mendukung perkembangan otot dan tulang.

Orang yang menggunakan steroid akan mendapatkan tubuh yang kekar hanya dalam waktu 3 bulan saja. Tubuh kekar yang didapat pun setara dengan orang yang melakukan olahraga body building selama 2 tahun.  Selain membuat masa otot semakin cepat, steroid juga berfungsi untuk peningkatan kekuatan lebih. Hal ini sering digunakan dikalangan para atlet, penggunaan steroid dianggap sebagai hal yang sifatnya tabu karena steroid membuat proses pembentukan otot yang lama menjadi cepat, serta kandungan ergogenik yang terdapat pada steroid membuat orang memiliki daya kekuatan lebih. Istilah mereka bagi yang menggunakan steroid atau bahkan suplemen saat berolahraga adalah “tidak alami”.

Steroid bisa digunakan melalui suntikan ataupun dikonsumsi melalui pil. Setelah dikonsumsi steroid akan merangsang hormon testosteron, hal tersebut dikarenakan zat-zat steroid dapat meniru sifat-sifat alami dari hormon testosteron. Seharusnya masa otot hanya akan bertambah apabila jaringan otot telah dirangsang oleh reseptor. Tetapi dengan adanya steroid, rangsangan tersebut akan dibuat secara paksa mengingat fungsi dari steroid yang mirip seperti hormon testosteron.

Steroid jika dipakai dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan perubahan pada fisik dan juga mengakibatkan berbagai macam efek samping baik pada pria maupun wanita. Efek samping yang akan terjadi pada tubuh laki-laki yaitu tumbuh payudara, ketika ereksi, akan muncul rasa sakit, testis akan menyusut, terjadinya penurunan produksi sperma, berisiko infertilitas dan berisiko impoten. Sedangkan efek samping yang terjadi pada wanita jika menggunakan steroid yaitu munculnya banyak bulu halus di badan dan muka, adanya perubahan suara yang lebih berat, siklus menstruasi menjadi tidak teratur, adanya pelebaran klitoris, dan mengecilnya ukuran payudara.

Mengerikan bukan? Oleh sebab itu, bila Anda ingin memperbesar masa otot Anda, sebaiknya Anda melakukan olahraga secara teratur dan mengatur asupan nutrisi Anda. Anda dapat melakukan pembentukan otot di gym dengan dibantu oleh pembimbing yang sudah terlatih dengan menghindari penggunaan steroid. Untuk nutrisi yang tepat, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter agar pembentukan masa otot Anda terjadi secara optimal dengan kesehatan yang juga terjaga. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/efek-samping-steroid-anabolik-membesarkan-otot/
https://pikiranmahasiswailkom.wordpress.com/2018/07/05/dampak-steroid-si-obat-kuat-bagi-para-atlet/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store