Bahaya Perokok Pasif

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

230

Anda mungkin tidak asing dengan istilah perokok pasif. Merokok pasif berarti menghirup asap tembakau dari rokok orang lain. Asap tembakau mengandung sekitar 4000 bahan kimia dan lebih dari 50 di antaranya telah dikaitkan dengan kanker. Menghirup asap rokok dapat berdampak buruk, baik sementara maupun dalam jangka panjang. Seseorang yang senantiasa menghirup asap rokok secara pasif ternyata memberikan beberapa dampak negatif di antaranya:

  1. Meningkatkan risiko seseorang untuk terserang kanker paru-parusebanyak 25%.
  2. Meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada, dan gagal jantung.
  3. Menyebabkan adanya pengerasan arteri, atau yang disebut dengan aterosklerosis. Hal ini dapat disebabkan oleh lemak, kolesterol, dan zat lainnya (seperti bahan kimia pada rokok) yang terbentuk di dinding arteri. Pengerasan pembuluh darah dapat menyebabkan penyempitan arteri dan menghalangi aliran darah.

Ibu hamil yang terpajan asap rokok berisiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi seperti keguguran, bayi lahir mati, dan bayi dengan berat badan di bawah rata-rata. Demikian pula pada anak yang menghirup asap rokok lebih berisiko terserang asma, pilek, alergi, batuk, sindrom kematian bayi mendadak. Kemampuan akademik anak juga biasanya terganggu biasanya lebih rendah dibandingkan anak yang tidak terpajan asap rokok. Selain itu anak yang dibesarkan oleh perokok cenderung menjadi perokok saat mereka besar nanti.

Berikut adalah beberapa tips agar terhindar dari bahaya asap rokok:

  1. Anda bisa meminta dengan sopan kepada perokok agar tidak merokok ketika bersama Anda. Jika hal itu tidak berhasil, Anda bisa menjauh agar tidak menghirup asap rokoknya.
  2. Membuat rumah terbebas dari asap rokok merupakan salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan keluarga. Larang siapa pun yang ingin merokok di dalam rumah.
  3. Asap rokok bisa ditemui di sejumlah tempat umum seperti bus, warung dan kafe. Jika Anda memutuskan untuk pergi ke tempat umum, usahakan untuk memilih tempat atau area non-smokingyang terbebas dari asap rokok.
  4. Anda juga dapat menggunakan masker atau penutup mulut saat ke luar rumah untuk meminimalisir asap rokok.

Nah, setelah membaca artikel di atas, semoga kesadaran kita tentang bahaya rokok semakin meningkat. Kemudian jangan lupa untuk menasehati generasi muda kita agar menjauhi rokok. Semoga bermanfaat. (EDA)

Sumber :

  1. 9 Bahaya Perokok Pasig Bagi Kesehatan. https://halosehat.com/farmasi/aditif/bahaya-perokok-pasif
  2. Menjadi Perokok Pasif Lebih Berbahaya Daripada Perokok Aktif. https://doktersehat.com/menjadi-perokok-pasif-lebih-berbahaya-daripada-perokok-aktif/
  3. Bahaya Menjadi Perokok Pasif. https://alodokter.com/bahaya-menjadi-perokok-pasif

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store