Bahaya Rokok Bagi Kaum Wanita

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

430

Merokok merupakan salah satu gaya hidup yang paling tidak dianjurkan oleh semua pakar kesehatan. Kandungan dari rokok sangat tidak baik bagi tubuh kita. Bahkan, begitu besar racun yang ada pada rokok sehingga banyak perokok pasif yang ikut terkena dampak kesehatan tubuh yang negatif. Bagi kaum hawa sendiri, merokok sangatlah tidak baik dilakukan karena bisa memicu masalah pada kesehatan. Berikut dampak yang timbul gara gara wanita merokok.

  1. Gangguan Menstruasi

Pada wanita dalam proses ovulasi dan menstruasi sangat bergantung pada kesembangan hormone terutama hormon esterogen dan progesteron. Terganggunya keseimbangan kedua hormon ini akan menghambat terjadinya ovulasi (pematangan sel telur) dan menghambat terjadinya peluruhan endometrium sehingga siklus menstruasi akan terganggu. Selain itu, hambatan pada proses ovulasi juga menghambat terjadinya pembuahan oleh sperma, hal inilah yang melatar belakangi terjadinya gangguan fertilitas pada pasangan yang merokok.

  1. Kepadatan Tulang berkurang

Kandungan rokok, nikotin dan berbagai zat racun lainnya, memicu perubahan dan kerusakan tulang dalam beberapa cara, di antaranya:

  1. Menurunkan kemampuan untuk mengalirkan darah yang mengandung nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk jaringan tulang.
  2. Meningkatkan hormon kortisol dalam darah, sehingga mempercepat proses pelepasan sel tulang (osteoklast)
  3. Memperlambat pembentukan sel tulang yang baru (osteoblast) dengan menghambat kerja hormon calcitonin sehingga sel tulang yang sehat menjadi lebih sedikit.
  4. Nikotin dalam darah juga cenderung bersifat racun terhadap osteoblast.
  5. Menghambat proses penyerapan nutrisi dalam usus, khususnya vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan oleh jaringan tulang.
  6. Menurunkan kadar estrogen baik pada laki-laki maupun perempuan, hormon reproduksi tersebut diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang
  1. Gangguan Kehamilan

Wanita yang memiliki kebiasaan merokok dapat mengalami berbagai gangguan saat kehamilan, seperti:

  1. Memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami solusio plasenta. Solusio plasenta merupakan suatu keadaan di mana plasenta (ari-ari) tertarik lepas dari dinding rahim sebelum waktunya dan dapat menyebabkan perdarahan hebat atau kelahiran prematur.
  2. Memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami plasenta previa. Plasenta previa merupakan suatu keadaan di mana plasenta terletak pada posisi tertentu yang menyebabkan plasenta dapat robek saat kontraksi rahim dan menyebabkan perdarahan hebat. Bila anda mengalami solusio plasenta, maka anda tidak dapat melahirkan melalui vagina karena resiko perdarahan yang dapat membahayakan nyawa anda. Dokter akan menyarankan untuk melahirkan melalui pembedahan sectio Caesar
  1. Mempercepat Masa Menopause

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Cancer Research di Negara Inggris menunjukkan bahwa wanita yang merokok dan minum alkohol secara signifikan mempercepat datangnya masa menopause. Wanita berusia 25-49 yang mengkonsumsi minuman beralkohol rata-rata dua gelas dalam sehari akan mengalami perubahan datangnya fase menopause hingga satu tahun. Selain itu, gaya buruk merokok dan meminum alkohol ini juga memiliki kaitan besar dengan beberapa penyakit layaknya kanker payudara. (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://liputan6.com/health/read/2924784/dampak-merokok-bagi-wanita-lebih-mengerikan-dari-yang-dibayangkan
  2. https://lifestyle.kompas.com/read/2014/09/03/100804523/7.Bahaya.Rokok.bagi.Perempuan

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store