Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Mulut Dan Gigi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

100

Rokok bukan saja dapat membahayakan jantung dan paru-paru, ternyata rokok juga dapat membahayakan kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, racun yang dikandung oleh rokok ternyata akan mempengaruhi fungsi dari sel-sel gusi sehingga gusi pun akan mudah terkena infeksi. Sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of American Dental Association menunjukkan bahwa mereka yang merokok, termasuk perokok cerutu akan memiliki risiko tinggi mengalami pengeroposan gigi atau pengeroposan tulang alveolar; tulang rahang penyangga susunan gigi. Selain itu, saluran pernafasan layaknya faring atau tenggorokan dan bagian mulut juga akan beresiko tinggi terkena kanker. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa 90 persen dari penderita kanker mulut, kanker lidah, kanker tenggorokan, atau kanker bibir memiliki kebiasaan tinggi merokok sehari-hari.

 

Rokok juga dapat menyebabkan efek buruk lainnya bagi gigi, diantaranya:

  1. Rokok dapat menyebabkan timbulnya plak pada gigi.

Rokok mengandung bahan bernama tartar yang akan menempel pada gigi saat rokok dibakar dan dihisap di dalam mulut. Tartar ini dapat menumpuk dan menimbulkan plak pada gigi. Endapan tartar juga menjadi tempat yang baik untuk bakteri menempel dan bertumbuh kembang pada gigi Anda. Jika Anda tidak terlalu peduli dengan plak yang terdeposit terlalu lama, maka plak tersebut akan membahayakan kesehatan jaringan gigi Anda dan bisa menyebabkan penyakit yang disebut periodontitis.

 

  1. Terjadi perubahan warna gigi

Bahasa kedokteran moderen menyebutkan bahwa perubahan warna gigi disebut dengan istilah staining. Hal yang akan dialami oleh para perokok aktif terkait pada estetika giginya adalah kecenderungan berubah warna menjadi agak kekuning-kuningan. Hal ini disebabkan oleh terkikisnya lapisan enamel akibat panas dan zat beracun yang terkandung dalam rokok. Bila enamel terkikis, maka dentin yang memiliki warna kekuningan akan semakin terlihat, sehingga gigi Anda terlihat menjadi lebih kuning daripada yang seharusnya.

 

  1. Menyebabkan bau mulut yang tidak sedap

Secara medis bau mulut pada perokok memiliki istilah halitosis. Permasalahan ini tidak  bisa diatasi hanya dengan menyikat atau berkumur saja tetapi Anda harus menjauhi rokok itu sendiri.

 

  1. Menyebabkan gigi sensitif

Hal ini terjadi karena aktivitas merokok bisa menimbulkan penurunan gusi atau istilah kedokterannya adalah receeding gums.

 

Itulah ulasan bahaya rokok bagi kesehatan gigi. jadi, Jangan ragu untuk segera berhenti merokok untuk menghindari berbagai dampak kesehatan tersebut. Jika memang kesulitan untuk segera berhenti, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter sehingga kita bisa mengkonsumsi semacam obat-obatan atau bahkan permen karet yang bisa mengatasi kecanduan nikotin. Selain itu, beberapa pengobatan alternatif atau hipnosis atau akupuntur juga bisa membantu mengatasi kecanduan nikotin dengan lebih baik. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

 

Daftar Pustaka

Gayatri, A., Susanto, A. D., & Setiawati, A. Kalbemed (2012). Nicotine Replacement Therapy. Cermin Dunia Kedokteran,189/vol 39, No. 1.

Rokok Sangat Buruk Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store