Bahaya Tersembunyi dari Teh Hijau Bagi Kesehatan

280

Akhir-akhir ini, teh hijau telah dikenal sebagai salah satu makanan super karena memiliki sangat banyak manfaat seperti anti radang, anti kanker, dan mengandung berbagai jenis antioksidan.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa bagi beberapa orang, teh hijau ternyata berbahaya? Seseorang yang memiliki gangguan imunitas tertentu mungkin sebaiknya tidak mengkonsumsi teh hijau. Hal ini dikarenakan teh hijau dapat meningkatkan kadar sel B (salah satu jenis sel imun).

Jika Anda menderita suatu gangguan imunitas yang membuat kadar sel B di dalam tubuh Anda menjadi sangat banyak, maka Anda mungkin harus menghindari konsumsi teh hijau untuk mencegah timbulnya berbagai gejala yang tidak diinginkan.

Beberapa keadaan yang membuat kadar sel B di dalam tubuh menjadi lebih banyak dari normal adalah:

– Alergi
– Asma
– Sinusitis kronik
– Berbagai jenis kanker
– Hepatitis B dan C
– Kolitis ulserativa (radang usus besar)
– Infeksi virus
– Sistemik lupus eritematosus
– Infeksi cacing

Jadi, bila Anda menderita salah satu gangguan di atas, maka dianjurkan agar Anda menghindari konsumsi teh hijau.

Selain teh hijau, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman lainnya yang perlu Anda hindari seperti red wine (minuman anggur merah), buah anggur, dan kunyit.

Sementara itu, bila Anda memiliki kadar sel T (jenis sel imun lainnya) yang lebih tinggi dari normal karena menderita suatu gangguan sistem kekebalan tubuh, maka konsumsi teh hijau mungkin dapat membantu mengurangi gejala. Hal ini dikarenakan berbagai komponen di dalam teh hijau dapat membantu menyeimbangkan kadar sel T dan sel B di dalam tubuh Anda. Walaupun demikian, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mulai mengkonsumsi teh hijau.

Beberapa gangguan sistem kekebalan tubuh yang membuat kadar sel T di dalam tubuh Anda meningkat adalah:

  • Sklerosis multipel
  • Penyakit Crohn/IBD
  • Diabetes tipe 1
  • Penyakit Hashimoto
  • Penyakit Grave
  • Psoriasis
  • Artritis reumatoid
  • Ulkus peptikum yang disebabkan oleh infeksi helicobacter pylori

Bila Anda memiliki kadar sel T yang tinggi di dalam tubuh, maka terdapat beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari karena dapat meningkatkan kadar sel T di dalam tubuh seperti jamur, beberapa jenis suplemen seperti Echinacea, dan beberapa jenis ginseng.

Sumber: menshealth