Banyak Minum Juga Bisa Menyebabkan Keracunan Air

244

 

Mungkin ketika membaca ini yang timbul di dalam benak kita adalah bagaimana mungkin bisa keracunan karena kebanyakan minum air? Air yang dimaksud di sini adalah air bersih lagi. Kalau airnya kotor mungkin kita tidak heran bisa keracunan.

Namun demikianlah kenyataannya. Sekalipun air sangat berperang penting bagi sel dan organ tubuh kita agar bisa berfungsi dengan baik, namun terlalu banyak meminumnya bisa menyebabkan keracunan. Kenapa bisa begitu?

Minum banyak air tentu akan meningkatkan jumlah air di dalam darah. Sedangkan air di dalam darah mampu mencairkan elektrolit di dalam darah khususnya sodium. Sodium sendiri berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di luar dan di dalam sel.

Nah, ketika jumlah sodium menurun drastis karena terlalu banyak minum, maka yang terjadi adalah cairan yang di luar masuk ke dalam sel sehingga sel tubuh kita membengkak. Ketika hal ini terjadi pada sel otak tentu akan sangat berbahaya dan bisa-bisa nyawa menjadi taruhannya. Inilah yang disebut sebagai keracunan air

BAHAYA KERACUNAN AIR

Ketika sel-sel otak kita membengkak maka yang terjadi adalah meningkatnya tekanan pada tengkorak kepala kita. Ini mengakibatkan :

  • Sakit kepala
  • Nausea yaitu perut terasa mual dan rasanya mau muntah
  • Muntah-muntah

Dalam kasus yang lebih parah, gejala berikut ini bisa muncul :

  • Tekanan darah naik
  • Pusing
  • Penglihatan ganda
  • Mengantuk dan lesu
  • Susah bernafas
  • Otot menjadi lemah dan kram
  • Tidak mampu mengidentifikasi informasi sensorik

Akumulasi kelebihan cairan di dalam otak disebut sebagai cerebral edema yang dapat mempengaruhi batang otak dan menyebabkan sisten syaraf pusat tidak berfungsi. Sehingga dalam kasus yang lebih parah lagi hal ini bisa menyebabkan kejang-kejang, kerusakan otak, koma dan bahkan kematian.

Berapa banyak harus minum

Overhidrasi dan keracunan air terjadi kapankala kita minum air melebihi kesanggupan ginjal kita membuangnya melalui air kencing. Faktor yang mempengaruhi hal ini bukan saja banyaknya jumlah air tetapi juga berapa lama kita mengkonsumsi air tersebut. Resiko terkena keracunan air lebih tinggi kapan kala kita minum air dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang singkat. Sebaliknya resikonya berkurang sekalipun minum air dengan jumlah yang sama, namun periode meminumnya lebih lama.

Ginjal mampu mengeluarkan cairan hingga 28 liter per hari, namun tidak bisa lebih dari 1 liter per jam. Sebab itu tidak bisa terlalu banyak minum air dalam waktu atau periode yang singkat.

Sebenarnya tidak ada ukuran yang pasti berapa banyak orang harus mengkonsumsi air dalam sehari. Ini dikarenakan setiap individu memeliki keadaan yang berbeda-beda seperti berat badan, aktifitas fisik dan juga iklim dimana dia tinggal.

Menurut The Institute of Medicine (IOM) banyak air yang diperlukan dalam sehari untuk pria adalah 3,7 liter dan wanita adalah 2,7 liter. Namun ini air dalam air minum dan juga makanan.

Jadi minum air sehat, namun jika terlalu berlebihan justru akan mengganggu kesehatan kita. Jika sobat merasa ada gangguan atau gejala seperti yang disebutkan di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Tetap sehat, tetap segar.