Basmi Nyamuk Di Rumah Dengan Hobi Berkebun

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

145

Saat ini, kondisi cuaca di Indonesia sedang tidak stabil. Ada kalanya hujan bisa terjadi terus-menerus selama beberapa hari bahkan pada musim kemarau. Hal ini biasanya akan memicu perkembangbiakan nyamuk di lingkungan rumah terutama bila Anda memiliki banyak wadah yang dapat tergenang oleh air hujan.

Nyamuk adalah hewan yang paling banyak menyebabkan kematian manusia karena nyamuk menularkan berbagai penyakit berbahaya seperti demam berdarah dengue (DBD), malaria, penyakit kaki gajah, dan sebagainya. Oleh sebab itu, perlu langkah-langkah praktis untuk menghindari gigitan nyamuk. Salah satunya adalah dengan hobi berkebun.

Nah, bagaimana hobi berkebun bisa menjaga Anda dari ancaman nyamuk? Ternyata Anda bisa melakukannya dengan menanam beberapa tanaman yang terbukti bisa mengusir nyamuk dari lingkungan rumah Anda. Berikut contoh tanaman-tanaman tersebut.

  1. Rosemary

Rosemary ini sebenarnya adalah sejenis bunga yang aromanya mirip seperti minyak kayu putih atau minyak telon yang selama ini sering Anda gunakan. Jika Anda ingin menanam bunga ini, Anda bisa menanamnya di pot atau langsung saja di tanah pada pekarangan Anda. Jika Anda akan keluar rumah, Anda juga bisa menggosokkan daunnya pada kulit Anda untuk terhindar dari gigitan nyamuk.

  1. Lavender

Tanaman yang satu ini memang sangat terkenal manjur untuk membasmi nyamuk, dan dijadikan bahan utama pada beberapa produk anti nyamuk. Bagian yang berfungsi untuk mengusir nyamuk adalah bagian bunganya. Bunga ini sebenarnya berasal dari Swiss tepatnya pada pegunungan Alpen. Kandungan yang sangat tidak disukai nyamuk pada bunga ini adalah kandungan lynalyl acetate dan kandungan linaloolnya. Kandungan tersebut dapat menimbulkan aroma yang dapat menyebabkan nyamuk merasa pusing.

  1. Serai Wangi

Tanaman pengusir nyamuk terbaik yang selanjutnya adalah tanaman serai wangi. Hal tersebut dikarenakan serai mengandung zat sitronelal dan geraniol yang ternyata sangat tidak disukai nyamuk. Jika Anda ingin menanam serai ini, tanamlah di belakang rumah karena tanaman serai kurang cocok jika ditanam di bagian depan rumah

  1. Akar Wangi

Tumbuhan akar wangi dapat mengendalikan populasi nyamuk deman berdarah. Nyamuk demam berdarah, konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi. Bau nyengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan bagi nyamuk jenis itu.

  1. Geranium

Di Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan nama tapak dara. Karena mengandung zat geraniol dan sitroneol tanaman ini ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan tanaman ini adalah dengan meletakkannya pada daerah masukknya angin, sehingga daun-daun Geranium ini saling bergesekan, dan mengeluarkan bau yang tidak disukai nyamuk.

Ternyata mengusir nyamuk tidak harus menggunakan obat nyamuk kimiawi atau lotion anti nyamuk. Dengan hobi menanam tanaman pengusir nyamuk, Anda telah melindungi keluarga dari bahaya penyakit sekaligus memperindah lingkungan rumah. (BR)

DAFTAR PUSTAKA

Balitbang  Provinsi  Sumatera  Utara,  2007. Pemanfaatan  Tanaman-Tanaman  yang Mempunyai  Aktivitas  sebagai  Anti  Nyamuk  dalam  Upaya  Mengurangi Penyebaran Penyakit Menular di Provinsi Sumatera Utara. Medan


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store