Bebas Dari “Penjara Alkohol”

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

222

Pernahkan anda mendengar istilah “alkoholisme”? Ya, itulah isitilah yang digunakan untuk para pecandu alkohol. Kecanduan alkohol terjadi jika seseorang minum terlalu banyak sehingga tubuhnya menjadi ketergantungan terhadap alkohol. Pada saat hal ini terjadi, alkohol akan menyebabkan perubahan diotak yang akan memebuat seseorang kehilangan kendali dalm tindakannya.

Apa saja tanda-tanda dari kecanduan alkohol?

  1. Konsumsi alkohol berlebih, meningkat jumlah atau frekuensi
  2. Tolerasni tinggi terhadap alkohol
  3. Minum disaat yang tidak tepat (pagi hari atau ditempat kerja)
  4. Perubahan pada emosi, seperti depresi dan kelesuan
  5. Ketergantungan terhadap alkohol untuk berkegiatan sehari-hari
  6. Menghindari kontak dengan orang terdekat
  7. Bicara melantur
  8. Keseimbangan yang buruk dan kecanggungan
  9. Reflex yang lambat
  10. Gejala “sakau” saat tidak minum

Pemeriksaan untuk mengetahui seseorang telah kecanduan alkohol dapat dilakukan dengan mengumpulkan data soal frekuensi minum, kondisi psikologis, pola perilaku dan gejala yang timbul dari penderita. Pemeriksaan fisik dan laboratorium bisa dilakukan untuk mengetahui adanya komplikasi kesehatan seperti kerusakan organ yang timbul akibat alkohol.

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengobati seseorang yang kecanduan alkohol adalah dengan group therapy atau terapi kelompok. Cara penangananya adalah dengan terapi Psychodrama Techniques, yaitu melakukan pertemuan secara rutin dan sering dimana para anggota baru berdiri untuk memberitahukan bahwa mereka adalah seorang alkoholik dan para anggota lama yang sudah sembuh memberikan kesanksian mengenai masalah ketergantungan alkohol yang mereka pernah alami dan menyampaikan bagaimana kehidupan mereka saat ini menjadi lebih baik.

Kelompok tersebut memberikan dukungan emosional, pengertian, dan konseling dekat bagi peminum bermasalah beserta kehidupan sosial agar terlepas dari pengisolasian diri. kepada setiap anggota ditanamkan kenyakinan bahwa penyalah gunaan alkohol merupakan penyakit yang tidak pernah dapat disembuhkan dan diperlukan kewaspadaan yang terus menurus agar dapat menahan diri untuk tidak minum walaupun hanya sekali karna bila terjadi demikian, kebiasaan minum yang tidak terkendali akan berulang kembali.

Jika ada kerabat anda yang memperlihatkan gejala kecanduan alkohol, penting untuk mulai menjalin keakraban dan komunikasi dengan secara baik. Jangan mengancam atau menghukum untuk menjauhkan mereka dari alcohol, hubungan yang baik dapat membantu mereka pulih dari ketergantungannya. (EDA/CM)

Sumber :


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store