Bebas Nyeri Rematik Saat Bepergian Jauh

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

227

Perjalanan jauh bersama keluarga yang kita cintai tentunya mengasyikkan, semua orang tentunya ingin bepergian dalam keadaan sehat dan bahagia. Tetapi bagi sebagian penderita rematik perjalan jauh bisa jadi sangat menyiksa. Posisi duduk yang lama membuat sendi-sendinya semakin ngilu saat digerakkan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips bagi penderita rematik (nyeri sendi) supaya dapat bepergian dengan lancar.

  1. Buat rencana perjalanan

Khususnya jika Anda memiliki suatu penyakit tertentu, Anda tidak boleh membuat perjalanan mendadak. Dari jauh-jauh hari, perhitungkan kapan akan berangkat dan pulang, pulang-pergi menggunakan transportasi apa, lama perkiraan waktu perjalanan, hingga rute perjalanan dan poin-poin tempat istirahat.

  1. Tentukan waktu berangkatnya

Pilihlah waktu yang tepat untuk mulai berangkat liburan jika Anda punya rematik. Perlu diperhatikan, gejala rematik rentan kambuh di pagi hari dan saat cuaca dingin. Maka, sesuaikanlah waktu keberangkatannya agar perjalanan Anda terasa nyaman dan rematik tidak kambuh saat sedang menyetir.

  1. Persiapkan obat dan kebutuhan khusus

Bawa serta juga obat-obatan rematik yang biasa Anda pakai. Bahkan bila perlu, Anda bisa bawa obat dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya, Anda bisa simpan obat-obatan tersebut dalam tempat yang berbeda di setiap tas atau koper bawaan Anda, agar lebih mudah diambil saat dibutuhkan.

  1. Jaga stamina sebelum bepergian

Jauh-jauh hari sebelum hari-H keberangkatan, Anda harus lebih perhatikan pola makan sehari-hari, perbanyak istirahat, dan rutin olahraga ringan untuk menjaga stamina tubuh untuk selama perjalanan nanti.

  1. Kelola stress

Agar perjalanan saat rematik tidak bikin panik, bawa serta barang-barang yang bisa bantu Anda mengusir stres. Misalnya membaca buku, mendengarkan musik, atau main game. Sesekali, tengoklah ke luar jendela dan lihat pemandangan sekitar sambil menarik napas dalam-dalam dan mengosongkan pikiran sejenak.

  1. Hindari terlalu lelah di perjalanan

Nyeri sendi akibat rematik bisa bikin badan cepat pegal dan terasa capek selama di perjalanan. Maka, luangkanlah waktu untuk melipir ke tempat-tempat istirahat setidaknya 2-3 jam sekali, dan keluar dari mobil untuk berjalan-jalan dan meregangkan tubuh.

Perjalanan jauh dengan persiapan akan sangat membantu Anda terutama yang menderita rematik supaya Anda tetap dapat menikmati perjalanan dan mempersiapkan diri untuk menikmati liburan bersama keluarga yang Anda cintai. (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

  1. (2011). Libas Rematik dan Nyeri Otot Dari Hidup Anda. Yogyakarta: Briliant Books.
  2. Junaidi, N. (2006). Reumatik dan Asam Urat. BIP.Jakarta

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store