Belajar Dan Bermain Untuk Bayi 4-7 Bulan

118

Pada usia 4 bulan, bayi Anda telah belajar mengenal Anda ,yang merawat mereka, fokus dan memperhatikan hal-hal, dan secara aktif menarik perhatian Anda.

Bayi Anda akan belajar untuk duduk selama masa ini, dan dalam beberapa bulan ke depan akan mulai mengeksplorasi dengan menjangkau benda-benda, menggenggam dan memeriksanya.

Terus menumbuhkan proses belajar dengan melibatkan, merespons, dan memberi semangat saat anak Anda berkembang. Berikan kesempatan untuk berlatih dan membangun apa yang dipelajari anak kecil Anda dengan mainan yang sesuai dengan usia dan lingkungan yang aman untuk dijelajahi.

Anak Anda akan tertarik pada warna, pola, bentuk benda dan mainan yang berbeda. Dengan menjangkau sesuatu, bayi belajar tentang sentuhan, bentuk, dan tekstur. Bayi Anda belajar banyak tentang bahasa dan akan mulai membedakan antara suara yang berbeda, meskipun dia tidak mengerti apa arti kata-kata itu. Pada akhir periode ini, bayi mengenali dan menanggapi nama mereka sendiri.

Bayi Anda juga akan belajar bagaimana menggunakan suaranya, suara menggumam mungkin dicampur dengan beberapa kata sederhana (seperti “ba” dan “da”) dan berkembang menjadi “bababababa,” “dadadadada,” atau “mamamama. ” Bicaralah dengan bayi Anda dan tanggapi suara yang dia buat, hal ini akan membantu mengajarkan aspek sosial bahasa dan percakapan.

 

Mendorong Bayi Belajar

Buat tempat yang aman untuk bereksplorasi (dengan pengawasan), karena pada akhir bulan ke 7, bayi Anda akan berguling, duduk, dan meraih semuanya. Buat bayi Anda bersenang-senang dengan memberikan mainan yang sesuai dengan usianya dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, dan tekstur. Benda sehari-hari, seperti sendok kayu, wadah plastik, dan gelas juga merangsang kreativitas dan keingintahuan. Ini bukan mainan yang penting, tapi bisa membantu bayi Anda belajar.

Saat bayi Anda mengoceh dan mengeksplorasi bagaimana menggunakan suaranya, tetaplah merespons. Perkuat suara dengan mengulanginya, perkenalkan suara baru dan kata-kata sederhana, lalu perhatikan saat bayi Anda mencoba meniru Anda.

 

Memperkenalkan Buku

Jika belum memilikinya, perkenalkan buku sekarang juga. Saat Anda membaca untuk bayi Anda, ucapkan nama benda, manusia, dan hewan yang Anda tunjuk pada mereka, dan buat suara binatang dan benda-benda di buku ini.

Pilihlah buku bayi dengan gambar, wajah sederhana dan gambar dengan tekstur yang banyak, Carilah buku yang tidak akan robek dan bisa menahan sedikit air liur dan kunyah bayi.

 

Cara lain untuk Mendorong Proses Pembelajaran:

  • Letakkan mainan favorit atau bola lembut di depan bayi untuk mencapainya.
  • Sembunyikan mainan – tapi jangan sembunyikan dengan baik – dan dorong bayi Anda untuk menemukannya.
  • Mainkan “ciluk ba”
  • Berikan mainan yang bergerak atau membuat suara saat bayi Anda bermain dengan mereka, seperti alat musik bayi.
  • Nyanyikan lagu anak-anak

Ingat jangan pernah membandingkan proses perkembangan anak Anda dengan anaka yang lain, namun bila Anda merasa khawatir dengan perkembangannya maka segera konsultasikan ke dokter spesialis anak Anda.

 

Sumber: kidshealth