BENARKAH AIR LEMON DAPAT MENURUNKAN BERAT BADAN?

17

Lemon, buah berwarna kuning ini terkenal di kalangan orang-orang yang mengikuti program diet. Banyak yang mengasumsikan minum air lemon baik itu dari perasan atau infused water dapat menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

Air lemon rendah kalori

Air lemon merupakan salah satu minuman yang mengandung kalori sangat rendah. Dalam setiap gelas air lemon hanya mengandung kurang lebih enam kalori. Jika setiap hari anda mengonsumsi muniman berkalori tinggi seperi minuman bergula, soda, atau milkshake kemudian menggantinya dengan air lemon, hal ini akan membantu menuunkan berat badan karena kalori yang anda konsumsi berukurang. Pengurangan kalori ini dapat berkurang hingga 100-200 kalori.

Selain itu, studi mengungkapkan minum 1,5 liter air sebelum sarapan juga mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dalam makan sebesar 13%. Mengonsumsi air minum selama makan juga mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang selama makan. Studi lain dari 48 orang yang melakukan diet (diet rendah kalori 0,5 liter air sebelum makan dan diet tanpa minum air sebelum makan).  Setelah minggu ke 12, peserta dalam kelompok minum air sebelum makan kehilangan 44% dari beratnya dibandingkan yang tidak minum air. Air lemon juga mengandung air yang tinggi sehingga memiliki efek yang tidak jauh beda dengan air biasa dalam membuat perut kenyang.

Air lemon membantu tubuh terhidrasi

Air lemon dapat membantu anda terhindar dari kekurangan air atau dehidrasi. Hidrasi tubuh yang baik dapat membantu tubuh mengatur suhu sehingga meningkatkan kinerja. Tetap terhidrasi dapat membantu mengurangi retensi air yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Para peneliti mengungkapkan bahwa hidrasi yang baik meningkatkan kerja mitokondria (sejenis organel di dalam sel yang membantu menghasilkan energi bagi tubuh). Meningkatnya metabolisme atau pembentukan energi dapat menyebabkan penurunan berat badan. Air juga telah terbukti meningkatkna metabolisme dengan menginduksi termogenesis (proses metabolisme dimana kalori dibakar untuk menghasilkan panas). Meski penelitian tentang air lemon masih sedikit namun lemon juga mengandung banyak air maka kemungkinan manfaatnya dalam metabolisme tubuh serupa dengan air biasa.

Sebuah penelitian meunjukkan bahwa suplementasi dengan lemon menekan kenaikan berat badan dan akumulasi lemak tubuh dengan meningkatkan oksidasi. Penelitian tersebut juga menyarankan bahwa suplementasi lemon dapat mencegah sindroma metabolik yaitu sekelompok penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup yang disebabkan diet tinggi lemak berlebihan.

Mengonsumsi air lemon memang tidak bisa langsung dapat menurunkan berat badan dalam sekejap. Jika anda mengonsumsi secara rutin dan mengganti beberapa minuman yang tinggi kalori dengan air lemon, akan lebih efektif dalam menurunkan berat badan. Selain diet yang seimbang, gaya hidup sehat tetap diperlukan untuk menjaga badan tetap bugar. (BEL)

Sumber:

Fukuchi, Y. 2008. Lemon Polyphenols Suppress Diet-induced Obesity by Up-Regulation of Mrna Levels of the Enzymes Involved in β-Oxidaion in Mouse White Adipose Tissue. Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2581754/ 26 Juli 2019.

Rachel. 2017. Does Lemon Water Help You Lose Weght? https://www.healthline.com/nutrition/lemon-water-for-weight-loss 26 Juli 2019.