Benarkah Berhenti Menggunakan Riasan Membuat Kulit Anda Dapat “Bernapas”???

68

Sebuah trend kecantikan baru telah berkembang di Eropa, diet 5:2 namanya. Pada diet 5:2, para wanita dianjurkan untuk tidak menggunakan riasan apapun selama 2 hari dalam 1 minggu. Hal ini diduga dapat membuat kulit Anda “bernapas”, yang pada akhirnya akan membuat seseorang tampak lebih muda. Benarkah?

Menurut seorang dokter spesialis kecantikan di Amerika, berhenti menggunakan riasan memang membuat kulit memiliki kesempatan untuk mengembalikan kelembaban alaminya karena tidak ada riasan yang menutupi pori-pori kulit. Selain itu, tidak menggunakan riasan juga membuat kulit dapat “menyingkirkan” semua sisa riasan yang masih tertinggal di dalam kulit.

Akan tetapi, kulit Anda sebenarnya tidak memerlukan istirahat selama 2 hari untuk memulihkan dirinya sendiri. Membersihkan kulit wajah Anda setiap malam sebelum tidur dan tidur tanpa menggunakan riasan apapun sebenarnya sudah cukup bagi kulit Anda.

Oleh karena itu, dianjurkan agar Anda membersihkan riasan setidaknya 2 kali, yang pertama untuk membersihkan semua riasan yang Anda gunakan, sedangkan yang kedua untuk membersihkan kulit Anda sehingga kulit pun dapat benar-benar “bernapas” saat Anda tidur.

Jadi, yang paling penting bukanlah seberapa sering Anda tidak menggunakan riasan, tetapi seberapa bersih Anda membersihkan kulit Anda setiap malamnya dan perawatan kulit apa yang Anda gunakan. Kulit Anda akan tetap sehat bila Anda membersihkannya dengan benar, menggunakan riasan yang aman, dan jangan lupa menggunakan tabir surya.

Saat Anda memilih riasan, pastikan Anda tidak menggunakan produk yang mengandung DM hydantoin, phthalates, dan oxybenzone karena ketiga cenderung membuat kulit mengalami iritasi.

Intinya adalah Anda tidak perlu berhenti menggunakan riasan selama 2 hari dalam seminggu. Yang paling penting adalah Anda selalu membersihkan riasan Anda setiap malam sebelum tidur sehingga kulit Anda pun memiliki kesempatan untuk memulihkan dirinya sendiri.

Sumber: womenshealthmag