Benarkah Coronavirus Menyebabkan Kematian?

97

Wabah virus korona (Coronavirus) membuat gempar hampir seluruh masyarakat dunia. Virus Corona ini berasal dari Wuhan, Tiongkok yang dikonfirmasi mewabah sejak Desember 2019 lalu. Pada awal tahun 2020, organisasi kesehatan dunia WHO menemukan satu jenis virus baru yang diberi nama 2019-nCoV di Cina.

Sejauh ini, menurut laporan resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 27 Januari 2020, jumlah yang dilaporkan dikonfirmasi kasus virus corona baru (2019-nCoV) telah meningkat. Secara global jumlah kasus yang dikonfirmasi yaitu sebanyak 2798.

Virus 2019-nCoV termasuk dalam kelompok virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS). Ada empat sub-kelompok utama dari coronavirus, yang dikenal sebagai alpha, beta, gamma, dan delta.

Virus korona manusia pertama kali diidentifikasi pada pertengahan 1960-an. Tujuh coronavirus yang dapat menginfeksi orang adalah:

Virus korona manusia biasa

  • 229E (alpha coronavirus)
  • NL63 (alpha coronavirus)
  • OC43 (beta coronavirus)
  • HKU1 (beta coronavirus)

Virus korona manusia lainnya

  • MERS-CoV (beta coronavirus yang menyebabkan Sindrom Pernafasan Timur Tengah, atau MERS)
  • SARS-CoV (beta coronavirus yang menyebabkan sindrom pernapasan akut akut, atau SARS)
  • 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV)
  • Orang-orang di seluruh dunia umumnya terinfeksi dengan virus corona manusia 229E, NL63, OC43, dan HKU1.

Bagaimana cara penularan virus ini?

Awalnya, banyak pasien dalam wabah di Wuhan, Cina dilaporkan memiliki hubungan dengan pasar, makanan laut dan hewan seperti kucing, anjing, babi, sapi, kuda, unta, burung, hewan pengerat, kelelawar, kelinci, musang, ular, reptil, kelelawar, dan hewan liar lainnya. Ini menunjukkan penularannya dapat terjadi dari hewan ke manusia. Namun, jarang sekali virus Corona yang berasal dari hewan dapat menginfeksi manusia kemudian menyebar di antara manusia, layaknya MERS dan SARS. Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), masa inkubasi virus ini yaitu berkisar 2 hingga 10 hari setelah terinfeksi.

Apakah virus ini dapat menyebabkan kematian?

Pada 27 Januari 2020, 80 kematian telah dikaitkan dengan virus. Kematian ini terjadi pada orang tua dan pada individu dengan penyakit dan kondisi yang sudah ada sebelumnya. Virus korona kadang-kadang dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan bawah, seperti pneumonia atau bronkitis. Ini lebih sering terjadi pada orang dengan penyakit kardiopulmoner, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, bayi, dan orang dewasa yang lebih tua. Belum jelas seberapa mudah dan bagaimana perkembangan virus 2019-nCoV menyebar dari orang ke orang. Penularan, tingkat keparahan dan perkembangan penyakit ini masih terus dipelajari oleh para peneliti.

Pelajari lebih lanjut mengenai gejala, pencegahan dan pengobatan penyakit ini. Anda harus memberi tahu penyedia layanan kesehatan Anda tentang perjalanan terakhir atau kontak dengan hewan. (PP)

Referensi:

WHO. 2020. Novel Coronavirus (2019-nCoV) situation reports.

CDC. 2020. 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV).