Benarkah Daging Merah Buruk Bagi Kesehatan?

96

Belakangan ini Anda tentunya telah mendengar berita mengenai pengaruh negatif konsumsi daging merah terhadap kesehatan. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan, konsumsi daging merah memiliki kontribusi terhadap peningkatan resiko terjadinya kanker payudara, usus, dan ginjal.

 

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa daging merah yang dianggap berbahaya ini ternyata juga memiliki beberapa manfaat positif bagi kesehatan Anda? Selain berfungsi sebagai sumber tenaga, daging juga mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh Anda untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik seperti di bawah ini.

 

SUMBER VITAMIN

Daging merah ternyata mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin D yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, gigi, tulang,  dan mendukung kerja sistem saraf pusat. Tidak hanya itu, konsumsi daging juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

 

SUMBER PROTEIN

Daging mengandung sejumlah besar protein yang penting untuk tubuh. Selain berfungsi untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh; protein juga berfungsi untuk membantu proses produksi antibodi yang akan melindungi tubuh dari berbagai jenis infeksi, dengan demikian protein juga turut berperan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Intinya, karena daging mengandung semua asam amino esensial, mereka berada di peringkat teratas sebagai salah satu sumber protein terbaik.

 

SUMBER MINERAL

Selain vitamin dan protein, daging merah juga mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti zat besi, seng, dan selenium. Zat besi yang ada pada hemoglobin memiliki fungsi penting dalam membantu proses penghantaran oksigen ke berbagai bagian tubuh. Sedangkan seng berfungsi untuk membantu proses pembentukan jaringan dan metabolisme tubuh.

 

Selain itu, selenium pada daging merah juga berfungsi untuk membantu metabolisme lemak dan berbagai bahan kimia di dalam tubuh.

Sumber: infosehat