Benarkah Ikan Gabus Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka Pasca Operasi?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

366

Operasi merupakan suatu langkah pengobatan bedah yang dilakukan pihak medis pada seseorang dalam kondisi tertentu. Salah satunya adalah operasi sesar yang sering dijalani oleh para ibu. Setelah operasi, seseorang harus menanggung luka setelahnya (bekas jahitan). Terkadang dokter akan menyarankan untuk konsumsi makanan atau minuman tertentu. Bisa juga dokter melarang makanan atau minuman tertentu. Tujuannya adalah untuk mempercepat pengeringan luka tersebut.

Nah, bicara soal proses penyembuhan luka, dari dulu hingga sekarang para orang tua menganjurkan  untuk mengonsumsi ikan gabus setelah operasi, dengan alasan agar lukanya cepat kering. Benar tidak sih anjuran itu? Bila memang benar, bagaimana bisa ikan gabus mempercepat penyembuhan luka setelah operasi? Untuk mengetahui kebenarannya berikut penjelasannya!

Luka setelah operasi merupakan luka yang terjadi akibat terputusnya hubungan antar jaringan. Jaringan yang terputus antara lain kulit, lapisan lemak, hingga otot pada tubuh letak operasi. Untuk menyatukan jaringan ini, tubuh memerlukan aliran darah yang baik pada area luka, agar nutrisi dan oksigen dapat disalurkan dengan baik, dan proses penyembuhan dapat berlangsung dengan baik. Selain itu, diperlukan juga kerjasama antara berbagai jenis sel darah putih dan kimia dalam tubuh untuk meransang pembentukan jaringan baru yang menyatukan kedua jaringan yang sebelumnya terputus.

Ikan gabus mengandung albumin yang merupakan salah satu jenis protein yang berperan penting dalam proses menyatukan jaringan yang terputus. Ikan gabus mempunyai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam satu ekor ikan gabus terdapat protein 79,5 %, albumin 30,5 %, mineral 5,95 % , dan kadar air 2,84 %. Karena banyaknya kandungan albumin inilah yang dibutuhkan tubuh untuk mempercepat luka jahitan mongering dan juga membantu penyembuhan bengkak pada luka.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Prof. Dr. dr. Nurpudji dari Universitas Hasanudin, Makasar, menunjukkan bahwa kadar albumin pada pasien di RS Wahidin Sudiro Husodo banyak mengalami peningkatan setelah beberapa kali makan ikan gabus, sehingga mempercepat proses penyembuhannya. Penelitian yang sama yang telah dilakukan di RS Umum Dr. Saiful Anwar Malang menunjukkan, bahwa pemberian 2 kg ikan gabus masak setiap hari kepada pasien pascaoperasi meningkatkan albumin mereka menjadi normal. Sementara itu, penelitian yang dilakukan di Universitas Hasanudin juga menunjukkan peningkatan kadar albumin dalam darah pasien hingga 0,6 – 0,8 g/dl setelah diberikan ekstrak ikan gabus selama 10 – 14 hari.

Ternyata anjuran orang tua yang telah diwariskan turun temurun adalah benar, jadi Anda dapat mengonsumsi ikan gabus setelah operasi. Anda dapat mengolahnya sesuai dengan selera. Tapi Anda harus tetap berkoordinasi dengan dokter mengenai perawatan luka ya! Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://obatpascaoperasicaesar.com/manfaat-ikan-gabus-menyembuhkan-luka-operasi/
  2. https://carakhasiatmanfaat.com/artikel/khasiat-ikan-gabus-bagi-balita-dan-pasien-pasca-operasi.html

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store